Ingin Makanan Bebas Kuman? Bersihkan Kulkas Sekarang!
Ingin Makanan Bebas Kuman? Bersihkan Kulkas Sekarang!
24.09.2015

Kulkas memang sangat efektif digunakan untuk menyimpan makanan agar lebih awet dan tahan lama. Namun, jika jarang dibersihkan, bisa menjadi sarang bakteri yang akan mengontaminasi makanan Anda. Oh no! Untuk itu, yuk bersihkan kulkas B’timers sekarang juga!

Alat yang diperlukan

Untuk membersihkan kulkas, setidaknya Anda harus menyiapkan alat pembersih yang memadai, yakni spons, sabun cuci piring, spray pembersih serbaguna, lap, tisu, dan kantong sampah.

bersihkan kulkas secara menyeluruh
bersihkan kulkas secara menyeluruh

Langkah pembersihan

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memutus daya kulkas. Hal ini bertujuan agar kerak-kerak es bisa lebih mudah dibersihkan karena telah mencair.
  • Keluarkan semua bahan makanan yang tersimpan di kulkas sampai kulkas benar-benar kosong. Letakkan makanan tersebut di meja dan pilah sesuai jenisnya. Selain itu, piilah makanan untuk mengetahui apakah masih layak disimpan ulang atau tidak.  Jangan ragu membuang bahan makanan yang sudah mulai membusuk untuk mengusir bibit penyakit.
  • Keluarkan rak, laci, ataupun bagian lain yang bisa di lepas-pasang dari badan kulkas. Letakkan bagian tersebut dekat dengan tempat cuci piring agar Anda mudah untuk mencucinya.
  • Cuci bagian rak menggunakan spons yang telah dibasahi dengan air sabun. Usahakan tidak mencuci rak dan laci menggunakan air hangat. Kontak temperatur rak kulkas yang dingin dengan air hangat akan merusak permukaan rak dan laci, hingga mengakibatkannya retak hingga pecah. Tapi, jika kotoran membandel, Anda bisa mendiamkan rak dan laci selama minimal 30 menit dan baru membersihkan permukaanya dengan air hangat.
  • Selagi menunggu rak dan laci kering, bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan spray pembersih serbaguna. Semprot di bagian yang kotor, kemudian bersihkan dengan lap. Jika tak ingin menggunakan bahan kimia, Anda bisa menggunakan larutan baking soda ataupun cuka apel untuk membersihkannya.
  • Setelah selesai membersihkan seluruh bagian dalam kulkas, lap kembali bagian dalam kulkas dan keringkan laci dan rak menggunakan tisu.
  • Pasang rak dan laci yang telah kering kedalam kulkas. Kemudian masukkan kembali bahan makanan yang telah Anda pilah ke dalam kulkas. Tata bahan makanan sebaik mungkin agar B’timers mudah mengeluarkannya ketika dibutuhkan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar kulkas agar tidak berkarat dan tampak menjijikkan. Selanjutnya, pasangkan kembali kabel daya kulkas.

Usahakan untuk membersihkan kulkas minimal sebulan sekali, ya. Jika memungkinkan, B’timers bisa membersihkannya setiap weekend. Selain bersih, makanan yang disimpan pun lebih steril.

Share This Article