Ingat Buah Ciplukan? Sekarang Jadi Buah dengan Harga Mahal Lho! | Breaktime
Ingat Buah Ciplukan? Sekarang Jadi Buah dengan Harga Mahal Lho!
16.04.2018

Buah ciplukan ini dulunya sering ditemukan di pekarangan rumah, kebun, tepi jalan, atau bahkan semak-semak. Siapa dulu yang suka cari buah ciplukan bareng temen-temen?

Nah, buah ini ternyata buah yang berasal dari Amerika. Di Indonesia sendiri, buah ini punya beberapa sebutan di berbagai daerah, seperti cecendet (Sunda), yor-yoran (Madura), keceplokan (Bali), dan letokan (Minahasa). Apa sebutan buah ini di daerahmu guys?

Dulu, tanaman buah ciplukan ini lebih dikenal sebagai tanaman liar. Buah yang sering dicarai anak-anak jaman dulu ini rasanya manis dan kadang sedikit asam dengan warna hijau kekuningan. Buah ini dibungkus kulit sehingga saat ingin memakannya, kamu perlu mengupas bagian kulitnya terlebih dahulu.

Walaupun dikenal sebagai tanaman liar, sebenarnya buah ciplukan ini punya banyak manfaat lho! Buah ini mempunyai kandungan karbohidrat, lipid, mineral, dan vitamin di dalamnya. buah ciplukan juga bisa digunakan untuk mengobati luka, bisul, dan masalah pencernaan. Gak cuma itu, selain buahnya, daun dari tanaman ini juga punya manfaatnya sendiri. Daun buah ciplukan bisa digunakan untuk mengobati radang kandung kemih, limpa, nyeri perut, dan keseleo. Banyak kan manfaat dari buah ini?

Sekarang kayaknya kita udah jarang bisa menemukan buah ciplukan di sekitar kita. Dan ternyata buah ciplukan inti sekarang berharga mahal lho guys! 100 gram buah ciplukan sekarang bisa dibandrol dengan harga 30 ribu rupiah. Kalo perkilogramnya bisa mencapai harga 250 ribu rupiah sampai 500 ribu rupiah. Wah lumayan juga ya harga buah ciplukan ini sekarang?

Padahal dulu, kita bisa dengan bebas menemukannya di semak-semak, kebun tetangga, eh ternyata sekarang harganya bisa semahal itu ya....



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE