Ikan Kaleng vs Ikan Segar, Siapa Juaranya? | Breaktime
Ikan Kaleng vs Ikan Segar, Siapa Juaranya?
12.10.2015

Apakah B'timers merupakan penggemar olahan ikan? Selain rasanya yang khas dan lezat, kandungan nutrisi pada ikan sangat besar. Ada 2 jenis ikan yang bisa Anda beli, yaitu ikan segar yang dijual di pasar atau ikan kalengan yang biasanya banyak tersedia di supermarket. Tapi tahukah Anda B'timers, ada beberapa hal yang membedakan antara ikan segar dan ikan kalengan. Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Lama penyimpanan

Ikan segar hanya bisa bertahan 1 hingga 3 hari saja di dalam kulkas dan setelah itu rasa dagingnya akan mulai berubah. Sedangkan ikan kalengan mampu bertahan berbulan-bulan bahkan ada yang bisa disimpan dalam hitungan tahun.

2. Harga

Harga ikan segar cukup mahal, tergantung jenis, berat, dan musimnya. Saat sedang banyak tangkapan ikan, tentu harga ikan segar lebih murah. Namun ketika para nelayan tak bisa melaut, harga ikan segar pun melonjak tinggi. Sebaliknya, ikan kalengan memiliki harga yang relatif stabil.

3. Standar kesehatan

Ikan segar yang dijual biasanya didapat dari budidaya karamba. Para petani ikan memberikan makanan bernutrisi setiap harinya, serta menjaga karamba tetap bersih sehingga ikan lebih aman dikonsumsi. Sementara ikan kalengan kebanyakan diambil dari lautan lepas. Saat ini, lautan banyak tercemar oleh polutan. Selain itu, ikan kalengan juga terpapar bahan pengawet yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan berbahaya untuk kesehatan.

Ikan Kaleng vs Ikan Segar, Siapa Juaranya? | Breaktime
Ikan segar jelas lebih sehat dan rasanya pun enak

4. Rasa

Ikan segar biasanya dibiarkan hidup di dalam akuarium dan baru diolah ketika ada yang membelinya. Tak heran, ikan segar memiliki rasa lebih enak dan jauh dari amis. Sedangkan ikan kalengan sudah diawetkan sehingga mengalami perubahan rasa dan tekstur.

Sebenarnya, ikan segar dan kalengan sama-sama baik dikonsumsi. Namun, ada beberapa perbedaan yang bisa jadi mempengaruhi kesehatan maupun anggaran belanja B’timers. Bijaklah dalam memilihnya, ya!

Share This Article