Icip-Icip Dim Sum, Si Kecil yang Kaya Rasa | Breaktime
Icip-Icip Dim Sum, Si Kecil yang Kaya Rasa
17.10.2015

Dim sum merupakan salah satu makanan tradisional Kanton, China, yang cukup populer di kalangan penikmat kuliner. Disajikan dalam keranjang kukus atau piring kecil, dim sum memiliki bentuk yang pas agar dapat dinikmati sekali lahap. Tapi, tahukah Anda bermacam jenis dim sum yang sering disajikan?

Dumplings atau Gao zi

Gao zi merupakan salah satu jenis dim sum yang paling umum dikonsumsi. Kulitnya berupa lembaran pangsit yang terbuat dari adonan tepung beras dengan berbagai isian, dumpling juga menjadi salah satu favorit pecinta masakan China.

#Har gow

Dumpling yang satu ini, sebaiknya dihindari oleh mereka yang alergi terhadap seafood karena isinya berupa udang utuh maupun dicincang.

Icip-Icip Dim Sum, Si Kecil yang Kaya Rasa | Breaktime
Har gow yang nikmat

#Chiu-chao

Ingin menikmati dim sum kukus dengan tekstur crunchy? Pilih chiu-chao! Berisi kacang, irisan bawang putih, daging babi, udang, dan jamur shitake, chiu-chao menghadirkan cita rasa unik yang beda dengan dim sum lainnya.

#Siu maai

Sering kali disebut siomay di Indonesia, dim sum ini berisi daging babi, udang, atau campuran keduanya dengan campuran daging kepiting atau jamur shitake. Namun kini sudah banyak juga siu maai yang berisi cincangan ayam maupun daging sapi.

Buns atau Baozi

Jika Gao zi identik dengan kulit pangsit, Baozi identik dengan roti lembut yang dipanggang atau dikukus dengan isian daging, sayur, serta pasta kacang.

Icip-Icip Dim Sum, Si Kecil yang Kaya Rasa | Breaktime
Aneka Baozi atau roti China

#Char Siu Baau

Baozi terpopuler ini memiliki isian berupa daging babi panggang yang diselimuti roti lembutnya. Beberapa memasaknya dengan olesan gula untuk menghasilkan lapisan coklat keemasan.

#Xiaolongbao

Dim sum yang satu ini terkenal karena cita rasanya yang pekat dengan rasa kaldu. Biasanya diisi dengan daging babi ataupun seafood.

#Mantau

Jika char siu baau dan xiaolongbao terkenal karena isiannya yang nikmat, mantau lebih dikenal sebagai roti kukus tanpa isi yang menggoda.

Rolls atau Cheong Gyun

Dim sum Cheong gyun dikenal dengan cara penyajiannya yang unik, yakni digulung. Bukan hanya pangsit sajat, tapi juga sayur-sayuran

Icip-Icip Dim Sum, Si Kecil yang Kaya Rasa | Breaktime
Ini Cheong Gyun jenis apa ya?

#Cheong fan

Gulungan mie beras ini menjadi hidangan favorit karena memiliki berbagai isian seperti daging babi, sapi, atau udang. Biasanya cheong fan disajikan bersama kecap manis sebagai cocolan.

#Gyun Cheong

Dim sum yang satu ini mirip dengan lumpia Semarang. Isinya berupa irisan berbagai jenis sayuran seperti jamur, wortel, dan kubis, yang digulung dalam kulit tepung dan kemudian digoreng.

#Pei Guen

Jika dim sum lainnya berbahan tepung, Pei Guen berbahan kulit tahu yang diisi ayam atau udang. Cara memasaknya pun bisa dikukus maupun digoreng.

Mana nih, dim sum favorit B’timers?

Share This Article