Hobi Merebus Makanan? Jangan Sembarangan | Breaktime
Hobi Merebus Semua Makanan? Tidak dengan 3 Bahan Ini!
16.03.2015

We all know that eating healthy is part of healthy living, right? Itulah mengapa banyak orang yang kini mulai selektif  dalam memilih jenis makanan dan cara pengolahannya. Bila biasanya hidangan yang digoreng lebih disukai, kini mulai banyak yang beralih pada proses masak dengan cara direbus karena kandungan vitamin dan nutrisi penting dalam makanan diyakini lebih terjaga. Is that true?

Masalahnya, tahukah Anda bahwa tidak semua makanan baik disajikan dengan cara direbus? Yap, sejumlah makanan ternyata justru akan kehilangan banyak nutrisi penting when the way you’re eating them are wrong! Nah, makanan apa saja sih yang sebaiknya tidak disajikan dengan direbus? 

Brokoli

Hobi Merebus Semua Makanan? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Doyan menyantap olahan brokoli dengan cara di rebus? Well, menurut penelitian yang dilakukan Critistiana Miglio, dkk di University of Napoli, Italia, tahun 2008, metode pengolahan brokoli yang paling tepat adalah dengan cara dikukus.

Cara memasak ini akan menjaga kandungan senyawa anti kanker dalam brokoli secara maksimal. Bahkan, penelitian Jenna M. Cramer dkk di University of Illionis tahun 2012 menunjukkan bahwa konsumsi brokoli yang dipadukan dengan spicy food bisa meningkatkan kemampuan “sayur legendaris” ini untuk melawan penyakit kanker, lho! Wanna try?

Daging

Hobi Merebus Semua Makanan? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Bila Anda gemar menyantap daging dengan cita rasa sempurna, pastikan untuk mengolahnya dengan cara dikukus. Daging yang dikukus umumnya akan memiliki kadar kelembapan dan volume memuaskan, dibanding bila Anda mengolahnya dengan cara direbus. Selain itu, daging yang dikukus juga memiliki rasa yang lebih gurih karena kaldunya tidak terurai dalam air.

Seafood

Hobi Merebus Semua Makanan? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Tak hanya daging, olahan bahan seafood yang sering dijadikan steak atau fillet juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Bahkan bila ingin mendapatkan cita rasa yang sempurna, Anda bisa menggunakan convensional steamer basket yang pada umumnya terbuat dari bambu. Hanya saja, pastikan olahan steaming seafood Anda tidak overcooked yang justru akan membuat sebagian nutrisi berharga di dalamnya berkurang.

So, you see now? Tidak semua bahan makanan mendapatkan hasil terbaik dengan cara direbus. Ternyata, sejumlah olahan makanan justru mampu memberikan nutrisi terbaiknya dengan cara dikukus. Kini, Anda dapat memanfaatkan teknik steaming pada berbagai jenis bahan makanan lain untuk menghasilkan hidangan yang super yummy dan sehat tentunya!

Share This Article