Hindari Simpan Makanan Ini di Kulkas! Apa Saja? | Breaktime
Hindari Simpan Makanan Ini di Kulkas! Apa Saja?
07.02.2017

Apa yang Anda lakukan jika ada banyak bahan makanan yang belum sempat diolah, nih, B’timers? Well, kebanyakan orang pasti akan menyimpannya di lemari pendingin. Bahkan hampir semua makanan Anda masukkan ke dalam kulkas, demi untuk menjaga kesegarannya.

Eits, tapi apakah benar dengan menyimpan makanan di dalam lemari pendingin bisa menjaga makanan tetap awet, B’timers? Meskipun beberapa makanan memang bisa menjadi lebih tahan lama ketika Anda menyimpannya di dalam kulkas, namun hindari simpan makanan ini di kulkas, B’timers! Apa saja, ya?

Hindari Simpan Makanan Ini di Kulkas! Apa Saja? | Breaktime
Nikmatnya tomat segar, tiada tandingannya, B’timers

Tomat akan kehilangan semua rasa jika Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin. Udara dingin di dalam kulkas menghentikan proses pematangan. Padahal pematangan adalah cara tomat menjaga rasa yang kaya, B’timers. Selain itu kulkas juga mengubah tekstur tomat menjadi lebih bertepung.

Kemangi justru akan menjadi lebih mudah layu jika dibiarkan di dalam lemari pendingin, B’timers. Ketika ada di dalam kulkas, kemangi akan menyerap semua bau makanan yang ada di sekitarnya. Kemangi akan lebih baik jika disimpan di ruangan terbuka dalam secangkir air. Atau bekukan dalam freezer.

Dengan memasukkan kentang ke dalam lemari pendingin, justru akan mengubah tepung di dalam umbi yang satu ini menjadi gula dengan lebih cepat, B’timers. Selain itu teksturnya akan lebih berpasir. Untuk menyimpan kentang, sebaiknya disimpan di kantong kertas di ruangan gelap dan juga kering.

Hindari Simpan Makanan Ini di Kulkas! Apa Saja? | Breaktime
Bawang tak boleh disimpan dalam kulkas

Jika Anda menyimpan bawang di kulkas, kelembaban dari lemari pendingin akan mengubah bawang jadi lebih lembut dan mudah berjamur, B’timers. Sebaiknya simpan bawang di tempat yang sejuk dan kering. Dan sebaiknya jauhkan bawang dengan kentang di dalam tempat yang sama ketika disimpan.

Sama seperti bawang merah yang dilarang untuk disimpan di dalam lemari pendingin, bawang putih pun demikian, B’timers. Sebaiknya simpan bawang putih di dalam tempat sejuk yang kering. Menyimpannya di dalam kulkas akan membuat tekstur bawang putih berubah dan mempercepat tumbuhnya jamur.

Untuk buah alpukat yang kaya akan kandungan lemak baik, sebaiknya jangan pernah disimpan di dalam lemari pendingin, B’timers. Alpukat membutuhkan suhu normal untuk mempercepat pematangannya. Namun jika alpukat Anda sudah cukup matang, menyimpannya di kulkas tak menjadi masalah.

Hindari Simpan Makanan Ini di Kulkas! Apa Saja? | Breaktime
Jika disimpan di kulkas, roti akan mudah mengering

Roti yang Anda simpan di dalam kulkas akan mengering dengan lebih cepat, B’timers. Kecuali Anda tidak akan menggunakan roti dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpan roti di dalam lemari pembeku. Dan usahakan untuk membungkus roti yang akan dibekukan di dalam wadah kedap udara, ya?

Minyak zaitun akan tahan lama jika Anda menyimpannya di tempat yang sejuk dan juga gelap, B’timers. Namun bukan berarti Anda diperbolehkan untuk menyimpan minyak zaitun di dalam lemari pendingin, lho. Hal ini akan membuat minyak zaitun mengembun dan menjadi keras seperti mentega.

Bahan makanan lain yang harus kita hindari dari menyimpannya di dalam lemari pendingin adalah kopi, B’timers. Jika Anda menyimpan kopi di dalam kulkas, akan membuat kopi kehilangan rasa dan menyerap bau-bau makanan lainnya yang ada di kulkas. Simpan kopi dalam tempat sejuk serta gelap.

Hindari menyimpan madu di dalam lemari pendingin, lho, B’timers. Madu memiliki sifat anti bakterinya sendiri, sehingga tak mungkin rusak jika disimpan di ruangan bersuhu kamar. Jika kita menyimpan madu di dalam kulkas, maka akan membuat madu berubah teksturnya menjadi seperti kristal.

Itulah tadi beberapa makanan yang tidak pernah boleh Anda simpan di dalam kulkas, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE