Hindari Rasa Pahit dan Cepat Hitam pada Sawi | Breaktime
Hindari Rasa Pahit dan Cepat Hitam pada Sawi
03.09.2016

Sawi adalah jenis sayuran hijau yang sering digunakan untuk memasak oleh para wanita. Sawi bisa diolah dan dikombinasikan dengan bahan apapun. Sawi memiliki kandungan gizi dan vitamin tinggi, antara lain vitamin A, vitamin K, mengandung klorofil yang tinggi, dan mengandung serat tinggi. Lalu, mengapa bisa ada rasa pahit pada sawi dan berubah warna menjadi kehitaman?

Sawi memiliki dua jenis, yaitu sawi hijau dan sawi putih. Dua-duanya sama-sama mengandung gizi tinggi. Namun jika Anda tidak bisa mengolah sawi dengan baik dan benar maka kandungan gizinya akan hilang. Selain itu juga, akan menimbulkan rasa pahit dan berubah warna menjadi kehitaman. Berikut ini tips agar sawi tidak mudah hitam dan pahit.

Sawi Hijau

1. Pilih sawi hijau yang lebih tua karena rasanya tidak terlalu pahit.

2. Gunakan bagian daun saja saat memasak dan buang batangnya. Kadar serat yang terkandung dalam batang sawilah yang menimbulkan rasa pahit pada sawi.

3. Jangan dimasak terlalu lama agar rasa, tekstur, dan kandungan gizi tetap terjaga.

Baca juga : MABUK DURIAN? HILANGKAN DENGAN TIPS BERIKUT, YUK!

Sawi Putih

Hindari Rasa Pahit dan Cepat Hitam pada Sawi | Breaktime
Memasak sawi dengan benar untuk menghindari rasa pahit dan cepat hitam

1. Pilih sawi putih dengan daun yang masih keras. Jangan memilih sawi putih dengan titik-titik hitam.

2. Simpan sawi putih dalam kulkas. Jika sawi putih terkena cahaya, akan membuat rasanya menjadi pahit.

3. Jangan memotong sawi putih menggunakan pisau carbon steel karena akan menimbulkan reaksi kimia yang membuat sawi berubah warna menjadi kehitaman.

Bagaimana B’timers? Sekarang Anda tahu kan, apa yang menyebabkan rasa pahit pada sawi dan berubah warna menjadi kehitaman. Anda bisa mencegahnya dan menghindarinya dengan mempraktekkan tips di atas. Dan, sawi Anda akan jadi lebih nikmat disantap. Selamat mencoba! (vpd)

Share This Article