Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Masak Mashed Potato | Breaktime
Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Masak Mashed Potato
31.07.2016

Suka sebal ketika masak kentang tumbuk, B’timers? Well, mashed potato adalah hidangan populer saat musim gugur. Sederhana, namun sanggup menggugah selera dengan luar biasa. Kentang tumbuk lembut atau khas pedesaan yang chunky, semuanya sama lezatnya. Namun tetap cukup banyak yang melakukan kesalahan ketika memasak sajian ini. Dan berikut 5 kesalahan saat masak mashed potato, B’timers!

Menggunakan jenis kentang yang salah

Kunci dari mendapatkan kentang tumbuk yang sempurna adalah memilih jenis kentang yang tepat, lho. Hindari varietas yang bertekstur lilin, seperti Red Bliss. Kentang ini tidak mengandung banyak pati, jadi kentang jenis ini tidak akan hancur dengan sempurna dan tidak menyerap susu seperti kentang lainnya.

Tidak memberi garam pada air rebusan

Banyak orang yang cenderung mengabaikan aturan yang satu ini, lho, B’timers. Sama seperti ketika Anda memasak pasta, kentang menyerap air, termasuk garam yang ditambahkan. Mungkin Anda menghindari terlalu banyak garam. Padahal garam sangat penting untuk memberikan rasa pada kentang tumbuk ini.

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Masak Mashed Potato | Breaktime
Jangan terlalu lama merebus kentang, ya?

Sering mulai memasak dengan air panas

Memang untuk sebagian jenis sayuran, paling baik adalah memasak dengan air panas. Tapi beda dengan kentang, B’timers. Memasukkan kentang ketika air sudah panas, justru akan membuat kentang matang tidak secara merata. Biasanya dengan teknik ini bagian luar kentang matang, tapi tidak bagian dalamnya.

Ditambahkan mentega dan krim dingin

Salah satu dari 5 kesalahan saat masak mashed potato adalah menambahkan mentega dan krim dingin, B’timers. Mentega dan krim memang unsur penting untuk kentang tumbuk. Tapi ketika keduanya baru saja keluar dari lemari pendingin, yang ada malah kentang tidak akan mampu menyerap dengan baik.

Anda terlalu lama merebus kentang!

Ketika kentang ditumbuk, pati akan dilepaskan. Dan semakin lama Anda membiarkan kentang di dalam air mendidih, akan semakin banyak pati yang dihasilkan, B’timers. Nah, ketika terlalu banyak pati, maka kentang akan lebih bergetah, lengket dan tidak menimbulkan selera. Anda tentu tidak ingin ini terjadi.

Nah, setelah mengetahui 5 kesalahan saat masak mashed potato, kini Anda bisa menghidangkan menu kentang tumbuk yang sempurna untuk keluarga tercinta, kan, B’timers? (NO)

Baca juga : JANGAN PERNAH MEMANASKAN 5 MAKANAN INI DI MANAPUN!

Share This Article