Makanan Ajaib Ini Bikin Stamina On Terus! | Breaktime
Hikers, 4 Makanan Ajaib Ini Bikin Stamina Terus!
14.04.2015

4 Makanan Ajaib Pemulih Stamina

Bagi B’timers yang gemar menjelah alam untuk menikmati betapa serunya kehidupan bebas di alam liar, jangan lupa untuk selalu membekali diri dengan ragam makanan sehat penunjang stamina tubuh saat berada di perjalanan.

(Baca juga: Yuk!! Intip Keliling Dunia Lewat 5 Menu Sarapan)

Jim Gallagher, MS, RD, CD, seorang koordinator nutrisi klinis di Bastyr Center for Natural Health Seattle menuturkan bahwa ada sejumlah makanan sehat yang bisa Anda bawa saat pergi hiking atau melakukan petualangan alam lainnya. Apa itu? Berikut informasi yang telah Breaktime rangkum untuk Anda:

Sup kering

Pas disantap saat udara dingin
Pas disantap saat udara dingin

Makanan rumahan ini mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan membantu Anda untuk tetap bugar saat melakukan perjalanan. Umumnya, sup kering ini terbuat dari wortel yang dikeringkan, zucchini, kacang, pasta, bubuk kaldu yang selanjutnya dapat diseduh dengan air panas ketika akan dikonsumsi.

Humus kering organik

Bisa disantap dengan roti ataupun daging
Bisa disantap dengan roti ataupun daging

Makanan khas Timur Tengah ini ternyata juga jadi bekal populer di kalangan pecinta alam luar negeri. Hummus terbuat dari buncis yang dicampur dengan tahini, olive oil, lemon juice, garam, dan bawang putih. Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu untuk menyeduh Hummus dengan air hangat.

Potongan sayuran kering

Sayuran tetap jadi pilihan utama untuk penuhi nutrisi tubuh
Sayuran tetap jadi pilihan utama untuk penuhi nutrisi tubuh

Selain sayuran yang ada dalam sup, Anda juga perlu untuk membakali diri dengan camilan bernutrisi lain yang berasal dari paprika, wortel, serta seledri. Ketiga sayuran ini sangat kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Anda bisa memasukkan ketiga sayuran ini ke dalam Ziploc bags dan menjadikannya sebagai camilan sehat selama memanjat.

Beras merah

Sumber karbohidrat pilihan para pendaki
Sumber karbohidrat pilihan para pendaki

Bila ingin mendapatkan energi yang maksimal saat mendaki, jangan ragu untuk membawa beras merah dengan label “quick cook”. Anda bisa menyantapnya dengan lauk serta sayuran untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang.

Nah, itulah 4 makanan praktis yang bisa dijadikan sahabat setia saat melakukan jelajah alam. Pastikan juga selalu membawa air dalam jumlah yang cukup dan berbagai peralatan memasak sederhana. Kalau makanan yang dikonsumsi bisa mengoptimalkan stamina, maka B’timers pun akan lebih happy menikmati bentang alam yang begitu spektakuler.

Share This Article