Hiii.. Waspadai Makanan Kotor dalam Dapur Anda! | Breaktime
Hiii.. Waspadai Makanan Kotor dalam Dapur Anda!
05.05.2016

Kesehatan menjadi salah satu hal yang selalu dielu-elukan oleh semua orang di dunia. Siapa yang tidak ingin menjadi sehat? Sayangnya, ancaman terhadap kesehatan Anda justru berawal dari makanan yang B’timers konsumsi. Banyak korban telah berjatuhan akibat keracunan makanan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari salah olah hingga tidak diperhatikan kebersihan makanan.

Anda tentu tidak ingin keluarga maupun rekan terkena keracunan makanan, bukan? Sudah saatnya B’timers mengubah beberapa hal berikut dalam dapur Anda agar terhindar dari bencana makanan kotor yang mematikan. Apa saja? Check this out, B’timers!

Dapur dan isinya kotor

B’timers tidak dapat serta merta menyalahkan petani yang menanam dengan menuduh mereka menggunakan pestisida dan sebagainya. Meskipun Anda bisa mencuci bahan makanan dengan air mengalir dengan bersih, namun apabila peralatan dapur dan kondisi sekitar rumah jorok maka kemungkinan besar makanan Anda akan ikut terkontaminasi. Bersihkan peralatan dapur dengan air hangat dan biasakan mencuci tangan sebelum memegang makanan.

Hiii.. Waspadai Makanan Kotor dalam Dapur Anda! | Breaktime
Segera bersihkan peralatan makan setelah digunakan agar tidak mengundang bakteri

Menyimpan dalam suhu ruangan

Beberapa makanan mungkin masih ‘oke’ bila disimpan dalam suhu ruang. Namun, makanan lain seperti daging, sayuran, olahan susu, dan bahan-bahan salad tidak bisa bersahabat dengan suhu ruangan. B’timers dapat memasukkannya ke dalam lemari pendingin agar lebih tahan lama dan terjaga kesegarannya. Tidak hanya bahan makanan tersebut, Anda juga harus lihai menyimpan makanan sisa di dalam kotak kedap udara yang kemudian dimasukkan ke lemari pendingin.

Proses memasak yang salah

Selain menjaga kebersihan dan kesegaran bahan makanan, cara memasak bahan makanan juga mempengaruhi apakah makanan Anda bebas dari racun atau tidak. Masak ayam, tulang, burger, dan bahan daging lainnya pada suhu setidaknya 75 derajat Celcius agar benar-benar matang sempurna. Sajikan makanan hangat dalam suhu di atas 60 derajat Celcius dan jangan memasak makanan beku yang baru saja keluar dari freezer. Selalu ikuti petunjuk penggunaan untuk cara memasak yang benar.

Hiii.. Waspadai Makanan Kotor dalam Dapur Anda! | Breaktime
Ganti minyak yang sudah beberapa kali digunakan, ya!

Tidak memisahkan bahan makanan

Beberapa bahan makanan tidak bisa dicampur dengan makanan lain karena dapat menyebarkan bakteri mematikan. Pastikan B’timers memisahkan bahan makanan mentah jauh-jauh dari bahan makanan matang. Wadah plastik yang rapat dapat menjadi pahlawan untuk memisah-misahkan masing-masing makanan agar tidak tercampur baur. Letakkan daging mentah di bagian terbawah lemari pendingin agar cairan dari daging tidak menetes dan mengontaminasi makanan lainnya.

Tidak banyak yang perlu untuk B’timers perhatikan. Jadi, tidak ada alasan untuk menjauhkan diri dari makanan kotor yang beracun. Menjaga kesehatan makanan dan minuman juga turut menjauhkan keluarga dan orang terkasih Anda dari ancaman penyakit. Stay healthy and happy! (ft)

Share This Article