Hiii! Berani Makan Makanan Ekstrem dari Cacing? | Breaktime
Hiii! Berani Makan Makanan Ekstrem dari Cacing?
12.12.2016

Well, cacing bagi sebagian besar dari kita merupakan binatang yang sangat menjijikkan, B’timers. Tetapi di banyak daerah, ternyata ada masyarakat yang justru taka sing lagi dengan makanan yang diolah dari bahan cacing, lho. Hiii! Penasaran dengan jenis makanan ekstrem yang berbahan dasar dari cacing, kan, B’timers? Check this out!

Hiii! Berani Makan Makanan Ekstrem dari Cacing? | Breaktime
Cacing ini hanya disajikan bersama saus dari cuka dan cabai

Tamilok, Woodworm, Cacing Kayu

Makanan yang populer di Filipina ini terbuat dari cacing kayu. Termasuk dalam spesies moluska, Tamilok segar yang sudah dicuci bersih akan dihidangkan dengan cuka yang sebelumnya dicampur dengan irisan cabai. Memang tercium aroma amis bercampur bau lumpur. Teksturnya kenyal dan lembut yang khas.

Wawo, Cacing Laut Goreng

Dari Indonesia ada Wawo, si Cacing Laut yang menjadi makanan favorit masyarakan Maluku dan sekitar Samudera Pasifik. Cacing berwarna kecoklatan ini merupakan makanan yang kaya akan kandungan gizi, yaitu protein. Biasanya disajikan setelah direndam dalam air garam dan bawang putih, lalu digoreng.

Hiii! Berani Makan Makanan Ekstrem dari Cacing? | Breaktime
Di Asia, larva bakar dianggap sebagai camilan yang sangat lezat

Palolo, Cacing dari Kepulauan Fiji

Terdapat di Kepulauan Samoa, Kepulauan Fiji, Maluku dan Papua, cacing ini memiliki bentuk yang mirip dengan kelabang. Untuk ukuran cacing dewasa biasanya mencapai 40 cm. Cacing Palolo bahkan sampai diternakkan, lho, B’timers. Ini karena di wilayah tersebut cacing Palolo adalah bahan makanan utama.

Cacing Tanah, untuk penggangi obat

Berdasarkan penelitian, kandungan yang terdapat di dalam cacing tanah terbukti dapat dijadikan obat untuk menjaga sistem pencernaan, lho, B’timers. Hal ini karena kandungan enzim selulose yang berguna dalam menyembuhkan usus yang terserang penyakit typus. Caranya adalah dibuat jus atau obat serbuk.

Hiii! Berani Makan Makanan Ekstrem dari Cacing? | Breaktime
Mau coba bumbu masakan dari cacing a la Meksiko ini, B’timers?

Sal de Gusano, si bumbu penyedap

Jika datang ke Meksiko, ada bumbu penyedap masakan yang terbuat dari bahan dasar cacing. Namanya adalah Sal de Gusano. Cacing laut, garam dan cabai yang dikeringkan, akan ditumbuk hingga berbentuk serbuk . Serbuk dengan rasa asin ini digunakan sebagai bumbu penyedap rasa atau dicampur minuman.

Anda berani mencicipinya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE