Hii! Berani Coba Kuliner Ekstrim dari Fire Paan? | Breaktime
Hii! Berani Coba Kuliner Ekstrim dari Fire Paan?
30.03.2017

Sama seperti Indonesia yang kaya akan beragam kuliner unik, warga India juga memiliki satu sajian yang terbilang unik, lho, B’timers. Nah, saking uniknya, makanan satu ini bahkan bisa dikatakan ekstrim. Well, bagaimana tak, saat ingin memakan paan, Anda akan disuapi oleh penjualnya bersamaan dengan nyala api yang berkobar dari paan Anda. Hiii! Anda berani mencoba?

Inilah yang dinamakan dengan fire paan, B’timers. Paan sebenarnya sudah menjadi makanan identitas di negara India sejak zaman Veda. Tidak sulit membelinya, Anda dapat dengan mudah menemukan penjaja paan, hampir di setiap sudut kota, kok. Dan apakah sebenarnya paan itu, B’timers? Lalu bagaimana bisa makanan ekstrim ini menjadi semakin populer?

Baca juga: MELEGENDA! MAKANAN KHAS JAKARTA INI WAJIB DICOBA

Well, paan ini adalah daun sirih yang menjadi bungkus dari campuran rempah-rempah, mukhwas, buah-buahan kering dan gula. Sebelum dinikmati, penjual akan menyalakan api pada paan. Lalu setelah api itu membara di daun sirih, penjual akan menyuapkannya langsung ke mulut Anda, B’timers. Nah, coba Anda bayangkan kengeriannya mengunyah api, deh.

Hii! Berani Coba Kuliner Ekstrim dari Fire Paan? | Breaktime
Paan, tradisi India sejak lama. Photo by Google

Dari penelitian, mengunyah fire paan ternyata memiliki manfaatnya, lho, B’timers. Salah satunya adalah memberikan stimulasi dan juga efek psikoaktif. Sementara itu dari daun sirih yang menjadi bahan utama pembuatan paan, menawarkan manfaat kesehatan, seperti menyembuhkan penyakit batuk, pilek serta sakit kepala. Ditambah lagi paan dapat menyegarkan pernapasan dan meningkatkan gairah. Wow!

Baca juga: OLEH-OLEH KHAS SURABAYA COCOK UNTUK BUAH TANGAN!

Mengonsumsi flaming paan juga dikenal sebagai teknik penyegar mulut terbaru yang berasal dari India, B’timers. Well, mungkin saat sang penjual menyodorkan paan yang terbakar oleh api, Anda akan merasa takut. Namun sebenarnya begitu sesuap paan yang lengkap dengan api membara ini akan memberikan sensasi nan menyejukkan begitu masuk ke dalam mulut Anda, B’timers.

Hii! Berani Coba Kuliner Ekstrim dari Fire Paan? | Breaktime
Ada banyak manfaat kesehatan dari paan. Photo by Google

Chunni Lal, salah seorang penjual fire paan mengatakan dirinya telah lebih dari 30 tahun menjual sajian yang bisa kita bilang cukup ekstrim ini, lho. Selama itu, baru sekitar 8 tahun belakangan ini saja fire paan menjadi kuliner yang populer di seluruh dataran India, bahkan sampai tersebar ke seluruh dunia. Tidak sedikit wisatawan asing yang sengaja datang demi mencicipi sensasi unik fire paan ini.

Baca juga: OBATI RASA RINDU BERSAMA MAKANAN KHAS MEDAN INI!

Campuran herbal, seperti cengkeh, buah pinang, kapulaga dan bahan-bahan herbal lainnya dibungkus dengan menggunakan daun sirih. Well, tampaknya budaya ini tidak terlalu berbeda dengan kebiasaan makan sirih yang ada di Indonesia, ya, B’timers? Dan uniknya ternyata di India, tidak hanya disediakan paan dengan rasa original saja, lho. Ada lebih dari 25 rasa paan yang bisa dicicipi, seperti coklat.

Hii! Berani Coba Kuliner Ekstrim dari Fire Paan? | Breaktime
Tatap apinya dan buka mulut Anda. Photo by Google

Pertama kali kepopuleran fire paan, adalah ketika di suatu saat datang seorang pembeli yang mengeluh sedang sakit tenggorokan. Dia minta untuk dibuatkan paan. Namun setelah berhari-hari mengonsumsi paan, penyakitnya itu tak juga kunjung sembuh, B’timers. Hingga ada seseorang yang mengatakan untuk membakar paan dan memberikanya pada pembeli tersebut. Dan voilà! Fire paan is coming to town!

Well, bagaimanapun mencoba fire paan memang terlihat memberikan risiko yang cukup tinggi. Apalagi dengan api yang menyala dengan kobarannya itu, B’timers. Tapi pada kenyataannya banyak orang yang mengungkapkan mendapatkan kenikmatan tersendiri setelah memakan fire paan. Dan untuk Anda yang baru akan mencoba pertama kalinya, cobalah untuk mengabaikan ketakutan Anda! And just enjoy it!

Di bawah ini adalah video dari kenikmatan unik yang ditawarkan oleh fire paan. Nah, Anda berani untuk mencobanya, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE