Hii, Bakteri Berkumpul di Alat-Alat Dapur Ini | Breaktime
Hii, Bakteri Berkumpul di Alat-Alat Dapur Ini
03.08.2017

Dapur biasanya jadi tempat menyimpan bumbu dan bahan makanan, terus jadi tempat untuk masak dan membuat kue. Bisa dibilang tempat satu ini sangat krusial di rumah, karena fungsinya buat menyediakan makanan yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Tapi B’timers, ternyata di dapur itu bukan cuma bisa menyimpan bahan-bahan masakan saja, lho, tapi juga menyimpan bakteri.

Nah, kok bisa begini? Ya, karena di dapur terdapat banyak sekali kuman dan bakteri yang menempel di mana-mana. Anda mungkin mengira di beberapa tempat yang kelihatannya kotor, nih, di sana banyak kumannya. Lantai yang sering kotor sampai ada sedikit lengket-lengket begitu? Atau tempat cuci piring yang biasanya buat mencuci piring-piring kotor dan tersirami sisa-sisa makanan yang berlemak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kaget, Harga Buku Menu Masakan Harian Indonesia!

Tapi, bagaimana kalau justru yang jadi itu pisau Anda? Mungkin jarang terpikirkan oleh Anda, nih. Coba, yuk, kita teliti lebih cermat, apa saja, sih, barang yang sebenarnya selama ini jadi musuh dalam selimut di dapur. Pertama kita mulai dari kompor dulu, nih. Yang paling kotor di kompor ternyata adalah kenop kompor. Tidak cuma kompor, tapi juga microwave dan oven.

Ini karena kita selalu memegang kenop ini dengan tangan dalam keadaan apapun. Jadi, bayangkan kalau tangan Anda kotor karena habis memasak dan memegang macam-macam bumbu, bahan, lalu langsung memegang kenop kompor buat menumis atau menggoreng. Sama juga dengan kenop microwave dan oven. Ini yang jadi penyebab kenop ini terkontaminasi kuman dan bakteri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Salah Kaprah, Bahaya Konsumsi Telur Mentah

Buat solusinya, Anda bisa rutin membersihkan bagian permukaannya secara rutin supaya tetap terjaga bersih dan tak membuat Anda jadi rentan terkena penyakit karena infeksi. Nah, item berikutnya yang juga disukai bakteri adalah pisau. Gimana bisa? Barangkali Anda memang sudah membersihkan pisau dapur dengan mencucinya sehabis memakainya.

Hii, Bakteri Berkumpul di Alat-Alat Dapur Ini | Breaktime
Yang rajin membersihkan dapur, ya

Tapi, saat Anda menaruhnya di rak piring atau mungkin blok kayu tempat menyimpan pisau, di sanalah berkumpul kuman-kuman dan juga bakteri yang tersembunyi. Selain tidak kelihatan, Anda pun tentu sering tak terpikir dan, ya, kelewat untuk membersihkannya. Karena itu, jangan cuma pisaunya saja, tapi Anda juga perlu membersihkan tempat menyimpan pisau tersebut.

Baik itu mungkin di rak piring, di laci atau lemari, maupun blok kayu, Anda dapat mencuci atau mengelap basah tempat-tempat tersebut untuk menjaganya tetap higienis. Nah, kalau yang berikutnya ini sudah pasti Anda sering dengar, spons cuci piring. Ini primadonanya bakteri, nih. Bukan cuma jadi item paling kotor di dapur, tapi juga merupakan yang paling jorok di seluruh rumah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ajaib, Bikin Kue Nastar Tanpa Alat Dapur!

Jadi, pada spons cuci piring ada sekitar 10 juta bakteri per inci perseginya. Ini sekaligus berarti spons cuci piring ini lebih kotor 200.000 kali daripada dudukan toilet Anda. What? Coba bayangkan betapa kotornya itu. Ada banyak sebenarnya cara buat membersihkan spons ini supaya tidak menumpuk kuman dan bakteri di sana. Anda bisa menaruhnya di microwave selama 2 menit.

Ini terbukti bisa membunuh lebih dari 99 persen kuman di sana. Lalu, bisa juga mencucinya di keran cuci piring, tapi harus sangat sering-sering. Or, simply, spons cuci piring harganya pasti sangat terjangkau, kan? Cara mudahnya Anda tinggal ganti saja dengan yang baru secara berkala. Bisa satu minggu sekali biar tetap bling bling cling barang-barang porselen Anda dan bersih dari bakteri. Rawat dapur Anda dengan telaten, ya, B’timers. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE