Belum Lengkap Kalau Tak Coba Durian Ini! | Breaktime
Hidup Anda Belum Lengkap Kalau Tak Coba Durian Ini!
09.10.2015

Yay! Oktober, artinya musim durian di Indonesia dating, nih. Tapi, dari berbagai jenis durian yang ada di Indonesia, mana saja ya yang patut dicicipi? Jangan bingung, kali ini ici-icip durian bareng Breaktime, yuk!

Durian Petruk

Buah durian yang satu ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Berbentuk bulat telur dengan warna kulit kuning kehijauan, durian Petruk merupakan salah satu buah durian paling populer di Indonesia. Rata-rata sebuah durian petruk beratnya mencapai 1 sampai 2,5 kilogram. Daging buah durian petruk agak telab, berlemak, agak lembek, berserat halus, dengan aroma yang tidak terlalu tajam.

Tak hanya orang dewasa anak-anak pun suka mengonsunsi durian
Tak hanya orang dewasa anak-anak pun suka mengonsunsi durian

Durian Monthong

Disebut juga sebagai durian otong atau golden pillow, buah durian yang satu ini sangat populer di kalangan penikmat durian. Bentuk buah durian monthong memanjang dengan warna kulit kekuningan. Daging buah durian monthong tebal dengan tekstur sangat halus, kering, tidak berlemak, berwarna kuning dan beraroma tidak begitu tajam. Durian ini cenderung memiliki rasa yang manis dan cocok diolah menjadi kolak.

Durian Gantalmas

Durian asal kota Medan ini memiliki bentuk lonjong dengan duri kerucut yang tidak tajam dan kecil. Daging buahnya tipis, berwarna putih kekuningan dengan citarasa yang tidak terlalu manis dan aroma yang sangat menggoda. Dengan berat mencapai 3 sampai 4 kilogram, durian gantalmas termasuk besar dan layak dinikmati sekeluarga.

Lantas bagaimana cara untuk memilih durian yang bagus dan lezat?

Pilih durian berkulit mulus
Pilih durian berkulit mulus

#1 Perhatikan kulitnya

Durian yang baik biasanya berduri besar dan jarang. Sedangkan durian dengan daging lembek, umumnya memiliki duri yang kecil dan rapat. Selain itu, lubang pada kulit durian bisa menjadi pertanda bahwa durian tersebut telah dimakan ulat ataupun busuk.

#2 Pukul-pukul

Saat memilih durian, gunakan pisau milik penjual untuk memukul-mukul durian. Caranya dengan memiringkan pisau, dan memukulkannya ke kulit durian. Jika terdengar suara yang bergema tandanya durian telah matang.

#3 Cek tangkai buah

Durian yang masak pohon biasanya akan jatuh sendiri, sehinnga tangkainya tidak rata. Tapi, jika tangkainya halus dan rata, durian tersebut dipetik dari pohon dan tangkainya dipotong menggunakan pisau.

#4 Cium aromanya

Meskipun tak semua durian beraroma tajam, namun tetap ada aroma yang akan dihasilkan. Pilih durian dengan aroma wangi khas durian. Sedangkan buah yang tidak beraroma biasanya buahnya terasa hambar.

Selamat menikmati musim durian tahun ini, B’timers!

Share This Article