Hindari Makanan Penyebab Gigi Rusak Berikut! | Breaktime
Hayo, Hindari Makanan Penyebab Gigi Rusak Berikut!
04.08.2016

Hobi sikat gigi setiap kali makan, B’timers? Mungkin Anda berpikir, hanya setelah makan makanan manis saja, kita perlu menyikat gigi. Well, padahal bukan hanya makanan manis saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, lho. Ada banyak makanan yang bahkan tidak mengandung gula sedikitpun bisa jadi buruk bagi gigi. Nah, sebaiknya hindari makanan ini, jika tidak ingin gigi Anda rusak, B’timers!

Permen

Well, meskipun mengunyah permen terlihat tidak berbahaya, paparan konstan dari gula dapat merusak gigi Anda, lho. Selain mengandung gula, makanan seperti ini juga memicu gigi patah atau retak. Lagipula permen tidak diciptakan untuk dikunyah, kan? Ganti permen keras dengan permen karen bebas gula.

Hindari Makanan Penyebab Gigi Rusak Berikut! | Breaktime
Es batu belum cukup buruk? Ditambah es dari kopi!

Es batu

Ini cukup mengejutkan, sih, karena begitu banyak orang yang berpikir es batu tidak berakibat buruk bagi gigi. Karena toh, es batu hanya terbuat dari air mineral saja. Ya, memang tidak mengandung gula, tetapi mengunyah es batu dapat membuat gigi Anda rentan terhadap kerusakan enamel. Dan ini sangat buruk!

Buah asam

Dan benar, bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan asam dapat mengikis enamel gigi kita, B’timers. Jadi meskipun memeras lemon atau jeruk nipis jadi segelas minuman menyegarkan, ini tidak selalu jadi hal yang menyenangkan bagi kesehatan gigi, lho. Untuk mengatasinya, minum banyak air mineral, ya?

Kopi dan teh

Hmm, sebenarnya kopi dan teh merupakan pilhan minuman yang menyehatkan. Tapi sayangnya, banyak orang yang menambahkan gula. Selain itu, kopi dan teh yang mengandung kafein juga dapat membuat mulut Anda kering, B’timers. Dan jangan kaget, jika gigi Anda bernoda karena kebiasaan minum kopi.

Hindari Makanan Penyebab Gigi Rusak Berikut! | Breaktime
Siapa yang tidak suka ngemil keripik?

Keripik

Siapa, sih, yang tidak menyukai makanan ringan crunchy dan gurih ini, B’timers? Tapi, Anda mungkin tak mengetahui jika keripik kentang kaya akan pati yang bisa terjebak atau nyempil di sela-sela gigi. Apalagi jika Anda tidak suka langsung sikat gigi setelah makan keripik. Siapkan dental floss jika menikmatinya.

Hayoo, dari semua makanan yang bisa merusak gigi, mana yang paling sering Anda konsumsi, B’timers? (NO)

Share This Article