Resep Sup Kacang Navy ala Afro Amerika Hangatkan Tubuh
Hangatkan Tubuh dengan Semangkuk Sup Kacang Navy ala Afro Amerika
04.09.2015

Pernahkah B’timers mencoba kuliner khas Muslim Afro Amerika di era tahun ’90-an bernama sup kacang Navy? Menu satu ini tergolong memiliki cita rasa yang begitu gurih, sehat, dan mampu menghangatkan tubuh penikmatnya. Cocok sekali untuk di santap ketika udara di sekitar Anda sedang terasa begitu dingin.

Di balik kelezatannya yang menggugah selera, menu satu ini memiliki sejarah yang unik. Di awal tahun 1990-an, banyak warga Afro Amerika yang mulai tertarik untuk memeluk agama Islam. Tentunya, keputusan ini juga berimbas pada gaya hidup mereka.

Masyarakat kulit hitam yang saat itu sempat kesulitan untuk menemukan makanan halal lantaran peternakan babi melimpah ruah, sementara bahan makanan lain berharga sangat tinggi. Karena minimnya bahan makanan, Muslim Afro Amerika pun akhirnya berimprovisasi untuk membuat makanan halal dan tetap bergizi tinggi.

Baca juga: SALAD KHAS INDONESIA DENGAN SIRAMAN SAUS KACANG, GADO-GADO

Resep Sup Kacang Navy ala Afro Amerika Hangatkan Tubuh
Lezatnya semangkuk sup kacang Navy yang masih hangat

Maka muncullah menu sup kacang Navy. Menu satu ini dibuat dengan cara merendam kacang Navy selama semalaman sampai teksturnya menjadi agak lunak. Setelah itu, kacang direbus dalam air mendidih hingga setengah matang.

Untuk memperkaya kandungan nutrisi di dalamnya, warga juga kerap memasukkan potongan wortel dan paprika ke dalamnya. Soal sedapnya kuah sup kacang Navy, jangan ditanya! Kuah sup ini terbuat dari bumbu rempah yang sudah dihaluskan dan terasa begitu tasty di lidah.

Sebut saja bawang putih, garam, lada, kunyit, gula merah, dan bubuk cabai rawit yang digunakan sebagai bumbu kuah di dalamnya. Setelah itu, taburan bawang daun, seledri, daun bay, dan bawang goreng akan semakin memperkuat cita rasanya.

Selain itu, sup kacang Navy ini juga bagus dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menghindari olahan susu dan makanan tinggi gula. Adanya mineral penting seperti vitamin A, kalsium dan serat di dalamnya mampu melancarkan sistem pencernaan. Wanna try, B’timers?  (vsc)

Share This Article