Gulai Itiak Lado Mudo, Penghangat di Bukittinggi | Breaktime
Gulai Itiak Lado Mudo, Penghangat di Bukittinggi
16.10.2016

Untuk Anda penyuka masakan pedas, rasanya wajib mencicipi kuliner khas Bukittinggi yang menggigit ini jika berkunjung ke sana, deh, B’timers. Alasannya, olahan daging itik yang direndam dalam kuah penuh cabai hijau ini adalah salah satu hidangan andalan yang ditawarkan. Rasanya gurih berpadu dengan rasa pedas yang menggigit. Tak akan pernah bisa Anda lupakan. Seperti apa, sih, Gulai Itiak Lado Mudo yang dibanggakan ini, B’timers?

Gulai Itiak Lado Mudo, Penghangat di Bukittinggi | Breaktime
Daging bebek muda dimasak semalaman dalam kuah cabai hijau

Sajian andalan warga Bukittinggi yang paling dicari

Gulai daging bebek muda, diolah dengan sangat banyak cabai hijau yang dicincang. Well, Anda tak akan menemukan kuah lain selain minyak dari cabai itu sendiri, B’timers. Tidak dimasak dengan menggunakan santan, untuk satu ekor itik Gulai Itiak Lado Mudo, ditambahkan 5 ons cabai hijau kering. Menikmatinya akan langsung menghangatkan tubuh di tengah cuaca Bukittinggi yang sedikit dingin.

Kunci lezat dari olahan ini adalah pemilihan daging bebek juga tak sembarangan, B’timers. Bebek muda sengaja dipilih untuk mendapatkan hidangan yang empuk. Dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kunyit dan lengkuas yang dihaluskan, dan tentu saja tak ketinggalan cabai hijau kering yang jadi penyempurna Gulai Itiak Lado Mudo khas Bukittinggi ini, B’timers. 

Baca juga : MENCENGANGKAN! ADA MIE MELAYANG DI YOGYAKARTA!

Resep gulai yang biasanya menambahkan santan, dalam resep ini tidak dilakukan. Ini dimaksudkan demi  untuk mendapatkan daging yang rasanya lebih segar. Proses memasaknya pun tidak cukup sebentar. Ya, daging bebek yang telah dibumbui itu direbus selama kurang lebih 48 jam atau satu hari satu malam. Hal ini agar bumbu dan rasa pedasnya semakin nendang saat menikmati Gulai Itiak Lado Mudo ini.

Nah, jangan lupa mampir ke salah satu restoran yang menawarkan menu Gulai Itiak Lado Mudo ketika berlibur ke Bukittinggi dan nikmati tendangan dari kuliner unik ini, ya, B’timers! (NO)

Share This Article