Google Doodle : Sejuta Manfaat Fermentasi Kubis | Breaktime
Google Doodle : Sejuta Manfaat Fermentasi Kubis
22.11.2017

Masyarakat Amerika cenderung menganggap kimchi sebagai lauk dari Korea yang terbuat dari kubis yang difermentasi dan memiliki cita rasa pedas. Namun nyatanya, istilah kimchi sendiri mencakup beragam sayuran yang difermentasi. Jadi bukan hanya kubis, bisa juga lobak atau mentimun. Memang yang paling populer adalah baechu kimchi yang terdiri dari kubis Napa. Meski dari fermentasi sayuran, kimchi tetap dianggap sebagai makanan paling sehat di planet ini. Ada tiga bahan utama yang harus ada dalam pembuatan kimchi, yaitu kubis, bawang merah, dan bawang putih.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang mengandung banyak probiotik sehat, yang terbukti bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mengendalikan peradangan, dan membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Kimchi juga mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin C dan vitamin B. Tak hanya itu, kimchi juga mengandung mineral dan serat makanan.

Tak hanya itu, ada beragam manfaat lainnya yang akan dialami oleh tubuh. Mengonsumsi kimchi secara rutin bisa mengendalikan kadar kolesterol. Ini dibantu dengan bawang putih yang kaya akan selenium dan allicin. Allicin inilah yang menjadi komponen unggulan yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga bisa menurunkan risiko kelainan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selenium sendiri memberi efek perlindungan pada dinding arteri untuk mencegah pembentukan plak dan mengurangi ancaman aterosklerosis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bertahan Hidup dengan Kenali Ciri Tanaman Beracun

Variasi kimchi rupanya juga kaya akan antioksidan yang kuat sebagai pelindung alami. Antioksidan bekerja bersama fenol dan flavonoid yang memberi efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif. Antioksidan juga melindungi tubuh dari efek bahaya radikal bebas.

Kehadiran bakteri lactobacillus dalam kimchi rupanya membuat makanan ini miliki manfaat yang luar biasa. Untuk mengatasi berbagai penyakit kulit seperti dermatitis atopik yang ditandai dengan meningkatnya kadar imunoglobulin E dan lesi kulit seperti edema dan pendarahan.

Google Doodle : Sejuta Manfaat Fermentasi Kubis | Breaktime
Fermentasi kubis ini bisa dikreasikan dengan makanan lain
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penggemar Kopi Lakukan Ini Untuk Gigi Tetap Putih

Bakteri tersebut rupanya juga berguna untuk menurunkan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah. Kandungan sehat di dalamnya membuat tubuh  kenyang lebih lama. Itulah yang akan mencegah Anda makan berlebih.

Lebih hebatnya lagi, kimchi juga merupakan makanan yang membantu mengurangi perkembangan berbagai jenis kanker. Kubis yang ada di dalamnya mengandung flavonoid sehat yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Jadi, jika Anda mengonsumsi kimchi secara rutin bisa jadi terhindar dari serangan virus mematikan ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada, Ini Tanda Anda Kelebihan Protein!

Para penderita diabetes juga harus berbahagia, karena akhirnya semakin beragam makanan yang bisa menyembuhkan sakit ini. Lakukan diet tinggi lemak dengan mengonsumsi kimchi yang memang rendah gula. Kimchi akan lebih bermanfaat jika Anda mengonsumsinya dalam diet normal atau diet rendah lemak.

Kimchi tak hanya bisa jadi lauk saja, tetapi juga dimasukkan dalam hidangan lain seperti nasi goreng, panekuk, mie, dan banyak lainnya. Lagipula sekarang sudah banyak resep-resep kreasi kimchi dengan mudah. Meski baunya busuk dengan perpaduan rasa asam dan pedas, tetap saja kimchi dirayakan oleh manusia seluruh dunia melalui Google Doodle hari ini. Sudahkah makan kimchi hari ini?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE