Menu Penghilang Stress Terbaik Yang Wajib Dicoba | Breaktime
Good Bye Stress dengan Konsumsi 5 Makanan Berikut
08.07.2015

Tahukah B’timers kalau makanan tak sehat bisa membuat mood Anda memburuk? Ya, makanan-makanan seperti permen, margarin, daging merah, dan canned food yang dikonsumsi terus-menerus, dapat meningkatkan kortisol, hormon penyebab stres di dalam tubuh. 
Lalu, makanan seperti apa yang bisa usir stres? Nih, Breaktime bagi informasinya:

Dark chocolate

Dark chocolate ice cream yang bikin rileks
Dark chocolate ice cream yang bikin rileks

Bukan rahasia lagi kalau cokelat menjadi kudapan yang bisa mengusir bad mood. Kandungan anandamide di dalam cokelat dapat memblokade rasa sakit dan depresi di dalam otak, sehingga perasaan dan suasana hati menjadi lebih baik. Tapi jangan sembarang pilih cokelat ya, B’timers! Hindari cokelat yang mengandung terlalu banyak susu dan gula karena justru bisa menyebabkan kegemukan.

Asparagus

Olahan stir fry asparagus yang nikmat dan sehat
Olahan stir fry asparagus yang nikmat dan sehat

Meskipun asparagus membuat urine memiliki bau yang sedikit aneh, namun kandungan folat yang sangat tinggi di dalamnya bisa membantu tubuh tetap dalam keadaan rileks. Selain dapat membuat Anda terhindar dari stres, kandungan inulin di dalam asparagus juga bisa membuat bakteri baik di dalam pencernaan bekerja secara maksimal. Anda bisa membuat asparagus stir-fry sebagai salah satu ide untuk mengolahnya.

Alpukat

Siapa yang bisa menolak kelezatan buah satu ini?
Siapa yang bisa menolak kelezatan buah satu ini?

Buah yang sangat gurih satu ini ternyata bisa digunakan untuk melawan stres. Alpukat kaya akan kandungan glutathione, vitamin yang dapat mencegah penyerapan lemak jahat yang sebabkan oxidative damage. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber dari lutein, vitamin E dan juga folat.

Green tea

Minum secangkir green te untuk usir stres
Minum secangkir green te untuk usir stres

Meskipun teh mengandung kafein, namun tidak lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat pada kopi. Di dalam green tea terdapat asam amino yang disebut dengan theanine, yang merupakan pelawan kanker dan baik untuk meningkatkan kemampuan otak.

Oatmeal

Baik untuk tubuh dan efektif tangkal stress
Baik untuk tubuh dan efektif tangkal stress

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang kaya kandungan karbohidrat kompleks. Ketika Anda mengonsumsi oatmeal, otak akan memproduksi serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Serotonin tidak hanya berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh, namun juga ampuh mengusir stres.

Mulai sekarang, jangan kalah sama bad mood ya, B’timers! Usir dengan makanan-makanan tersebut!

Share This Article