Gelato vs Es Krim, Sama-Sama Enak, Tapi Ini Bedanya | Breaktime
Gelato vs Es Krim, Meski Sama-Sama Enak, Tapi Apa Sih Bedanya?
30.07.2015

Saat cuaca sedang panas-panasnya dan mood seketika langsung drop,  menikmati semangkuk es krim bisa jadi pilihan. Namun, kalau Anda ingin mencoba sesuatu yang baru agar mood kembali jadi lebih happy, menyantap semangkuk gelato juga bisa jadi andalan. Anyway, antara ice cream dan gelato, sebenarnya apa sih bedanya?

Es krim

Gelato vs Es Krim, Sama-Sama Enak, Tapi Ini Bedanya
Lezatnya semangkuk es krim saat udara panas

Dari segi bahan, es krim dibuat dengan proporsi krim yang jauh lebih banyak dibandingkan susu. Krim yang digunakan dalam kuliner satu ini setidaknya mengandung lemak minimal 10 persen.

Dalam proses pembuatannya, es krim akan diaduk lebih cepat dan kuat dibandingkan gelato. Hasilnya, terjadi peningkatan volume pada es krim melalui udara yang timbul pada saat pengadukan.

Volume es krim ini dapat bertambah sebanyak 25 hingga 90 persen. Tak heran kalau tekstur es krim akan lebih lembut dan halus. Soal rasa, tentunya rasa creamy akan lebih mendominasi daripada gurihnya susu.

Gelato

Gelato vs Es Krim, Sama-Sama Enak, Tapi Ini Bedanya
Kembalikan mood dengan semangkuk gelato, yuk!

Gelato merupakan es krim yang dibuat sesuai dengan tradisi orang Italia. Kuliner satu ini dibuat dengan menggunakan perbandingan susu yang lebih banyak daripada krim. Maka tak heran kalau rasa susu pada kuliner khas Italia ini akan begitu terasa begitu kuat saat pertama kali B’timers memasukkanya ke dalam mulut.

Tak hanya itu, sedikit kuning telur juga biasanya ikut ditambahkan dalam bahan gelato. Soal kandungan lemak, bisa dibilang kalau gelato memiliki kadar lemak lebih rendah dbandingkan es krim. Jadi, bagi B’timers sedang menjalani program diet, kuliner satu ini tetap aman untuk dikonsumsi.

Pada saat proses pembuatan, gelato dibuat dengan tingkat pengadukan yang lebih lambat sehingga campuran yang terbentuk dalam kuliner ini juga lebih padat. Suhu penyajiannya pun berbeda. Gelato umumnya akan terasa nikmat untuk dikonsumsi bila disajikan dengan suhu 15 derajat lebih panas dibandingkan es krim, yakni sekitar 3 derajat Celcius.

Nah, apakah B’timers tertarik untuk mengembalikan mood yang kacau karena udara panas dengan semangkuk gelato dengan berbagai varian rasa pilihan? Yuk, datangi sejumlah kafe gelato di kota Anda!

Share This Article