Gaya Elegan Minum Teh a la Keluarga Kerajaan | Breaktime
Gaya Elegan Minum Teh a la Keluarga Kerajaan
20.08.2017

Mendengar kata Inggris, apa yang pertama terlintas di benak Anda? Big Ben? Minicabs? Ratu Inggris? Atau malah fashion-nya? For your information, orang-orang Inggris punya kebiasaan yang unik lho, B’Timers. Kalau Anda pernah menonton film Asterix and Obelix in Britain, Anda pasti tahu dong dengan kebiasaan unik yang dimaksud.

Ya, minum teh. Di beberapa negara seperti Inggris dan Jepang, minum teh sudah menjadi tradisi dan ada tata caranya. Jadi tidak boleh sembarangan apalagi dalam situasi tertentu. Di Inggris sendiri kebiasaan minum teh sudah ada dari dulu tepatnya pada tahun 1840. Afternoon tea diperkenalkan oleh Duchess of Bedford, Anna, yang sering lapar pada pukul 4 sore hari sementara makan malam baru dimulai pukul 8 malam. Kebiasaan duchess ini pun menjadi tradisi di kalangan kerajaan hingga sekarang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rayakan Kemerdekaan dengan Kuliner Khas Pejuang

Untuk yang tidak terbiasa dengan tradisi ini pasti membingungkan. Untungnya, Jeremy Goring, pemilik hotel The Goring London yang terletak tidak jauh dari istana Buckingham, dan manager hotel, Stuartt Geddes berbaik hati memberikan tips minum teh ala keluarga kerajaan. 

Gaya Elegan Minum Teh a la Keluarga Kerajaan | Breaktime
Attitude itu penting!

Pertama, tahu arti sebenarnya dari afternoon tea. Tidak semua teh bisa diminum kapan saja. Afternoon tea  adalah kegiatan bersosialisasi sekaligus bersantai untuk mengisi waktu antara makan siang dan makan malam. Sementara high tea yang sering kali tertukar dengan afternoon tea. High tea lebih ke acara menyantap hidangan yang gurih dan berat. Biasanya dilakukan oleh kalangan pekerja setelah seharian bekerja. Ada juga cream tea yang merupakan variasi dari afternoon tea dengan tambahan scone (sejenis kue), krim, selai, dan tidak lupa teh.

Setelah paham dengan apa yang dimaksud dengan afternoon tea, Goring dan Geddes membagikan tips yang boleh Anda lakukan dan tidak saat pesta teh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Awas, Ini Bahaya Minum Teh Dengan Susu!

Goring dan Geddes menyarankan untuk menggunakan krim kental dengan gaya Cornish (lebih baik) di bawah selainya. Cornish dan Devonshire punya pendapat masing-masing dalam hal penemuan cream tea juga urutan krim kental dan selai. Tradisi the Devon mengoleskan krim terlebih dahulu baru selai sementara Cornish mengoleskan selai dulu baru krimnya.

Gaya Elegan Minum Teh a la Keluarga Kerajaan | Breaktime
Tempat yang nyaman untuk pesta teh

Menggunakan teh jenis teh seduh jauh lebih baik akrena rasanya lebih nikmat dibandingkan menggunakan teh celup atau teh saring.  Teh yang segar dan baru juga pilihan yang tepat karena kualitas rasanya masih terjaga dengan baik. Ingin teh selalu segar, gunakan teko kecil agar mudah diisi ulang.

Jangan ragu untuk menggunakan jenis susu yang berbeda. Ada banyak pilihan susu yang bisa Anda tambahkan ke dalam teh seperti susu kedelai, susu skim, atau susu almond.

Makan finger sandwich dengan tangan Anda. Sementara kue cenderung lembut dan Anda membutuhkan garpu untuk menyantapnya. Tidak lupa, pastikan Anda melakukan afternoon tea di tempat yang nyaman dan tidak berisik. Yang tidak boleh Anda lakukan saat afternoon tea adalah menuagkan susu terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Cara Membuat Teh Yang Benar!

Susu baru boleh ditambahkan setelah teh sehingga Anda bisa tau takaran susu yang tepat untuk menyeimbangkan rasanya. White tea dan teh hijau tidak boleh ditambahkan susu. Jika Anda menggunakan black tea, Anda boleh menambahkan susu.

Jari kelingking dalam keadaa terbuka saat minum teh adalah kesalahan fatal. Anda juga harus menahan godaan mencelupkan biskuit ke dalam teh karena itu bukan gaya minum teh ala kerajaan. Satu lagi, meskipun afternoon tea termasuk acara yang santai, Anda tetap harus memakai pakaian yang sopan, minimal semi-formal.

Jadi, B’Timers, mau mencoba afternoon tea dengan white tea atau earl grey



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE