Garpu Juga Punya Sejarah Panjang, Ini Kisahnya | Breaktime
Garpu Juga Punya Sejarah Panjang, Lho! Ini Kisahnya
01.04.2016

Anda sering menggunakan garpu untuk makan, B’timers? Namun, Anda mungkin tidak pernah terpikirkan mengapa sampai tercipta alat makan bernama garpu. Well, selama ini kita makan steak, spaghetti, bahkan cake menggunakan alat ini, tanpa terlintas sedikitpun mengenai asal muasalnya.

Mungkin garpu berasal dari dunia bawah air, di mana bangsa duyung menggunakannya untuk menyisir rambut mereka. Atau mungkin garpu tiba-tiba jatuh dari langit secara ajaib. Nah, daripada penasaran, yuk, tengok sejarah panjang garpu berikut ini, B’timers!

Intip sejarah kemunculan garpu

Sebenarnya manusia makan menggunakan tangan selama ribuan tahun hingga awal peradaban, di mana kita mulai menggunakan berbagai alat untuk menusuk dan memotong makanan, B’timers. Sudah banyak temuan arkeologi yang menunjukkan manusia sudah mengenal adanya perkakas dari bahan yang berbeda. Mulai tulang hewan hingga baja.

Dan jejak pertama penggunaan garpu diketahui pada zaman Romawi , lho, B’timers. Namun masih banyak yang tetap menggunakan tangan saat makan. Baru pada Abad Pertengahan, garpu digunakan secara teratur.

Nah, B’timers, sedikit dari sejarah panjang garpu yang mungkin belum Anda ketahui adalah, garpu merupakan benda yang umum di kalangan pedagang dan kelas menengah. Sementara, pada setiap jamuan makan resmi, orang-orang malah menggunakan tiga jari untuk mengambil makanan langsung dari piring!

Baru sekitar tahun 1500-an, garpu mulai dianggap sebagai bentuk dari tanda sopan santun. Setelah itu garpu perlahan menyebar ke Perancis hingga Eropa Utara. Dan hari ini, Anda bisa menemukan garpu di setiap meja makan, B’timers.

Garpu Juga Punya Sejarah Panjang, Ini Kisahnya | Breaktime
Garpu sebenarnya bukan pasangan sendok, melainkan pisau, lho

Berbagai jenis dan fungsi garpu

Walaupun namanya garpu, tapi ada beberapa jenis dengan berbagai fungsi yang berbeda, lho, B’timers. Seperti yang sering Anda lihat di film-film kerajaan, disediakan lebih dari 3 garpu untuk setiap orang. Wah, untuk apa garpu sebanyak itu dengan kegunaan yang sama saja, ya?

Hm, sebenarnya setiap garpu memiliki fungsi yang berbeda, lho, B’timers. Misalnya, table fork yang biasa Anda gunakan setiap hari untuk hidangan utama seperti pasta, nasi, daging atau sayuran. Lalu ada fish fork, snail fork, serving fork, hingga roast fort. Bahkan fruit fork, dessert fork dan salad fork tidak bisa digunakan sembarangan, lho.

Nah, dengan mengetahui sekilas sejarah panjang garpu serta jenis dan fungsinya, kini Anda tidak penasaran lagi, kan, B’timers. Dan untuk menjaga etika saat undangan makan, ada baiknya Anda juga mempelajari sedikit lebih banyak mengenai jenis dan fungsi alat makan lainnya. (NO)

Share This Article