Fakta Unik Seputar Makanan Sajian Natal | Breaktime
Fakta Unik Seputar Makanan Sajian Natal
25.12.2015

Natal yang datang tiap 25 Desember identik dengan kesenangan, kado, dan yang tak boleh ketinggalan adalah makanan. Tiap negara, memiliki makanan sajian Natal masing-masing. Namun, terdapat beberapa makanan populer yang menyimpan fakta menarik di dalamnya. Apa saja ya, B’timers?

Permen tongkat

Permen tongkat dengan motif garis-garis merah dan putih merupakan salah satu kudapan yang disajikan saat Natal tiba. Menurut legenda, permen ini diciptakan pada tahun 1670. Kala itu pemimpin biduan dari Cologne Cathedral ditugasi untuk membuat permen yang akan diberikan pada anak-anak. Tujuannya, tak lain dan tak bukan agar anak-anak yang datang ke geraja tetap tenang dan tak menganggu jalannya misa Natal.

Fakta Unik Seputar Makanan Sajian Natal | Breaktime
Permen tongkat diciptakan agar anak-anak kecil tidak rewel

Fruit cake

Fruit cake merupakan salah satu bentuk roti yang akan disajikan atau diberikan sebagai hadiah saat Natal. Jika Anda menerima hadiah berupa fruit cake, pemberi hadiah tentu tahu bahwa Natal akan penuh dengan makanan dan tak mungkin menghabiskan semuanya sekaligus. Oleh karena itu, ia memberikan fruit cake yang tahan lama, karena kandungan gula dan minuman keras di dalamnya.

Dulunya, fruit cake merupakan salah satu makanan yang akan dipanggang pada akhir musim panen dan disimpan untuk dinikmati pada awal musim panen tahun berikutnya. Tujuannya adalah sebagai keberuntungan.

Fakta Unik Seputar Makanan Sajian Natal | Breaktime
Awalnya, fruit cake merupakan makanan keberuntungan saat panen

Sugar plum

Dari namanya, Anda tentu menganggap bahwa permen yang satu ini terbuat dari buah plum. Namun, nyatanya, tak sedikitpun buah plum yang dijadikan sebagai bahan baku pembuat permen. Pada tahun 1600-an, dimana permen ini pertama kali muncul, ‘plum’ merupakan sebutan untuk buah-buahan kering. Sedangkan sugar plum dibuat dengan cara mencampur buah kering dan rempah-rempah yang digulung menjadi bola, kemudian dilapisi gula pasir.

Fakta Unik Seputar Makanan Sajian Natal | Breaktime
Sugar plum terbuat dari buah-buahan kering, bukan buah plum

Kalkun

Dalam beberapa film yang berasal dari Inggris, umumnya saat Natal kalkun akan disajikan sebagai hidangan utama. Tradisi ini dimulai sejak Raja Henry VIII berkuasa pada abad keenam belas dan menjadikan kalkun sebagai hidangan Natal. Sebelumnya, di abad pertengahan, sajian Natal bukanlah kalkun, melainkan merak.

Fakta Unik Seputar Makanan Sajian Natal | Breaktime
Sebelum abad keenam belas, sajian utama bukanlah kalkun melainkan merak

Kalori Tinggi

Natal merupakan hari penuh kalori. Umumnya saat Natal, segala jenis makanan akan disajikan, mulai dari anggur, kacang-kacangan, kalkun, pie, keju, cake, dan minuman keras. Pada hari natal, umumnya seseorang akan menambahkan lebih dari 7.000 kalori kedalam tubuhnya. Tak heran jika Anda merasa berat badan bertambah usai Natal.

Saat Natal, apa yang biasa B’timers sajikan untuk keluarga? (dfr)

Share This Article