Fakta Mitos, Makanan Ini Penyebab Usus Buntu? | Breaktime
Fakta Atau Mitos, Makanan Ini Penyebab Usus Buntu?
14.10.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah

Seblak sebabkan usus hanya mitos



Penyakit usus buntu memang meresahkan sebagian besar orang. Apalagi akhir-akhir ini sedang ramai pemberitaan bahwa seblak bisa menyebabkan B’timers mengalami usus buntu. Tetapi, Anda tak perlu khawatir karena belum tentu juga seblak yang menyebabkan usus buntu. Selain seblak, makanan-makanan ini sebelumnya juga menjadi penyebab seseorang mengalami usus buntu. Yuk, cari tahu kebenarannya.

Cabai menjadi bahan makanan yang paling sering dikonsumsi. Banyak orang yang menganggap bahwa cabai menjadi penyebab utama seseorang mengalami usus buntu. Padahal menurut Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB dari Divisi Gastroenterologi FKUI-RSCM mengatakan bahwa biji cabai yang tertelan memang bisa menyebabkan usus buntu, namun tetap akan keluar bersamaan dengan feses.

Selain biji cabai, biji buah jambu juga dianggap bisa menyebabkan usus buntu. Padahal ternyata itu hanyalah mitos yang berkembang di masyarakat. Ahli bedah sendiri tidak pernah menemukan biji jambu pada radang usus buntu yang dialami oleh seseorang.

Fakta Mitos, Makanan Ini Penyebab Usus Buntu? | Breaktime
Mie juga sempat dipercaya menyebabkan usus buntu

Baca juga : WAJIB TAHU, INI DIA CIRI SERTA GEJALA USUS BUNTU

Mie instan juga menjadi imbas dari mitos usus buntu. Siapa sih yang nggak suka makan mie instan? Hampir semua orang mengidolakan makanan yang satu ini. Pada kenyataannya, mengonsumsi mie instan belum tentu bisa menyebabkan usus buntu. Mie instan hanya tidak mengandung gizi yang lengkap dan tidak disarankan untuk jadi makanan pokok.

Permen karet pun juga sempat menjadi ketakutan setiap orang. Jika tidak sengaja menelannya akan menjadi penyebab usus buntu. Fakta bahwa permen karet akan menempel di saluran pencernaan memang benar. Hanya saja tidak dalam waktu yang lama. Karena sistem pencernaan manusia punya cara khusus untuk mencerna permen karet. Efek yang umum jika menelan permen karet adalah mengalami sembelit.

Lalu bagaimana dengan seblak? Jangan mudah percaya, karena belum terbukti benar jika seblak bisa menyebabkan usus buntu. Yang paling penting, perbanyak makanan bergizi dan minum air putih. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE