Etika Makan yang Wajib Kita Kuasai, Apa Saja Ya? | Breaktime
Etika Makan yang Wajib Kita Kuasai, Apa Saja, Ya?
17.01.2016

Etika makan atau eating etiquette, sangatlah penting untuk dipelajari. Terutama, bagi B’timers yang kerap kali menghadiri jamuan makan dalam acara formal ataupun semi formal. Bukan hanya untuk menunjukkan etika makan yang benar, eating etiquette sangatlah penting untuk menjaga kesopanan. Nah, berikut ulasannya.

Lakukan 9 hal ini!

Etika Makan yang Wajib Kita Kuasai, Apa Saja Ya? | Breaktime
Perlakukan alat makan dengan baik dan sesuai kebutuhan
  1. Setelah duduk, gunakan segera serbet yang disediakan. Sesekali gunakan untuk menyeka bibir atau jari Anda. Setelah selesai makan, letakkan serbet dengan rapi di tempat semula.
  2. Ketika duduk, siapkan kursi untuk wanita di sebelah kanan tuan rumah, selanjutnya wanita lain searah jarum jam, dan terakhir pria.
  3. Untuk memegang pisau dan garpu, pegangan berada di telapak tangan, jari telunjuk di atas, dan ibu jari di bawahnya.
  4. Ketika makan dan sedang mengunyah, Anda bisa meletakkan garpu dan pisau di samping piring. Namun, ketika selesai, biasakan untuk meletakkan garpu dan pisau berdampingan di tengah piring.
  5. Jika makanan yang disajikan bukanlah makanan yang Anda sukai, jagalah kesopanan dengan setidaknya mengambil dalam jumlah kecil atau memotongnya sedikit.
  6. Meninggalkan makanan di salah satu piring Anda adalah hal yang bisa diterima. Tapi, sebaiknya Anda juga tidak menghabiskan makanan di piring hingga terlihat begitu bersih dan menunjukkan Anda belum makan selama seharian.
  7. Dessert atau makanan pencuci mulut dapat dimakan dengan sendok dan garpu atau garpu saja ketika yang disajikan adalah kue atau pastry dengan gaya manis.
  8. Ketika seorang wanita meninggalkan meja untuk ke kamar mandi, pria sebaiknya berdiri ketika ia meninggalkan meja dan duduk lagi, serta berdiri sekali lagi ketika ia kembali.
  9. Berterimakasihlah pada tuan rumah untuk keramahan mereka sebelum meninggalkan tempat.

Hindari 9 hal ini!

Etika Makan yang Wajib Kita Kuasai, Apa Saja Ya? | Breaktime
Hindari meminum terlalu banyak anggur
  1. Makan sebelum tuan rumah memberikan sinyal.
  2. Mencelupkan roti ke dalam sup atau untuk membersihkan saus.
  3. Makan dengan suara keras, menyeruput dan bersendawa.
  4. Berbicara dengan mulut penuh makanan.
  5. Tidak menggunakan garpu, kecuali ketika Anda makan kacang polong, biji jagung dan nasi atau makanan sejenis.
  6. Mengambil makanan yang jauh sehingga tangan atau badan Anda melewati tamu lain. Sebaiknya minta tamu terdekat untuk mengambilkan makanan tersebut.
  7. Menjilati jari-jari dan membersihkan gigi dengan tangan.
  8. Minum anggur terlalu banyak.
  9. Memberikan kritik terhadap makanan yang disajikan.

Nah, setelah mengetahui hal-hal sederhana dalam etika makan ini, B’timers bisa menerapkannya saat berada dalam jamuan makan. (dfr)

Share This Article