Es Kopi vs Kopi Panas, Pilih Mana? | Breaktime
Es Kopi vs Kopi Panas, Pilih Mana?
24.09.2017

Menyeruput kopi panas tentu sudah identik sebagai aktivitas yang dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas rutin. Kini, tak hanya panas, es kopi mulai banyak diminati sebagai alternatif minum kopi yang lebih menyegarkan dan tak perlu meniup-niup hingga kopi cukup hangat dan aman dinikmati tanpa membakar lidah. Berbagai kafe modern pun tak ketinggalan menyediakan menu es kopi yang dapat dinikmati kapanpun sebagai minuman yang memberikan kesegaran sekaligus manfaat kafein yang tak kalah dari kopi panas. Apakah B’timers sendiri tergolong penikmat kopi panas atau es kopi? 

Secara tradisional, kopi lebih banyak disajikan dengan cara diseduh menggunakan air panas. Menu es kopi sendiri dalam dunia barista dan seni penyajian kopi memiliki 2 teknik utama, yakni cold brew coffee dan cold drip coffee yang tentunya disajikan dengan alat dan penanganan khusus. Sekilas, kopi panas lebih banyak dinikmati oleh generasi tua sedangkan anak muda memiliki preferensi khusus terhadap es kopi. Di samping itu, es kopi rupanya dikatakan memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan kopi panas. Benarkah demikian?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hilangkan Rasa Pedas dengan Aneka Tips Berikut

Manfaat pertama yang hanya bisa Anda temukan dalam es kopi dan bukan kopi panas ialah temperaturnya yang lebih ramah untuk dikonsumsi. Siapa sih yang tak pernah mengalami sensasi terbakar pada lidah akibat tak sengaja menyeruput kopi yang masih terlalu panas? Tak hanya di lidah, kopi panas yang tumpah dan menetes ke tubuh Anda secara tak sengaja juga bukan hal yang menyenangkan bukan? Karena itulah es kopi hadir sebagai asupan kafein yang lebih cepat dan mudah untuk dinikmati daripada kopi panas.

Es Kopi vs Kopi Panas, Pilih Mana? | Breaktime
Perbedaan cara menikmati kopi ternyata juga berpengaruh terhadap kualitas kesehatan kopi

Dalam hal kafein, es kopi maupun kopi panas memiliki kandungan yang sama besar. Hal tersebut disebabkan karena es kopi pada dasarnya merupakan seduhan air panas pada bubuk kopi yang kemudian ditambahkan es batu. Uniknya, efek kafein pada es kopi lebih cepat naik ke permukaan dan dapat segera Anda rasakan dalam tegukan pertama apabila dibandingkan dengan kopi panas. Dengan demikian, meski kandungan kafein keduanya sama saja, efek kafein dalam es kopi bisa dikatakan lebih tinggi daripada kopi panas. Perbedaan suhu kopi yang sajian tersebut rupanya juga berpengaruh pada tingkat keasaman kopi. Kok bisa?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuak Rahasia Di Balik Warna Berbeda Paprika!

Kopi yang disajikan dengan tambahan es batu ternyata memiliki kadar pH 6,31, berbedan dengan versi panasnya yang mengandung pH 5,48. Berdasarkan skala pH, semakin rendah angkanya berarti semakin tinggi tingkat keasaman zat tersebut. Air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi rupanya dapat mengeluarkan minyak dalam bubuk kopi yang memiliki kandungan asam yang tinggi. sebaliknya, tambahan es batu akan mengencerkan konsentrat kopi sehingga tak lagi memiliki tingkat kepekatan asam yang sama ketika masih panas. Tak hanya mengurangi keasaman, rasa es kopi pun menjadi lebih ringan dan dapat dinikmati oleh orang yang memiliki gangguan pencernaan seperti maag atau refluks asam lambung.

Joan Salge Blake, RD, salah satu petugas klinis di Universitas Boston sekaligus penulis buku Nutrition & You, menuturkan bahwa es kopi secara umum jauh lebih sehat untuk dikonsumsi daripada kopi panas. Selain perbedaan tingkat keasaman, dibandingkan dengan kopi panas, es kopi juga memiliki kecenderungan yang lebih rendah untuk membuat gigi Anda berwarna kekuningan. Warna kuning pada gigi akibat sering minum kopi disebabkan oleh zat tannin, senyawa sejenis polifenol pada kopi, yang rupanya lebih sedikit ditemukan pada es kopi. Penggunaan sedotaan dalam penyajian es kopi juga meminimalisir kontak langsung antara gigi dengan cairan kopi sehingga mengurangi efek asam yang dapat mengotori gigi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Uniknya Fakta tentang Pasta dari A-Z

Tak hanya lebih sehat, es kopi juga terbukti memiliki rasa yang jauh lebih nikmat daripada kopi panas, karena penambahan aneka topping seperti whipped cream yang disajikan pada es kopi. B’timers masih ragu memesan es kopi alih-alih kopi panas saat ke kafe langganan Anda berikutnya? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE