Energy Boosting Foods, Rahasia Tubuh Berstamina
Energy Boosting Foods, Rahasia Tubuh Berstamina
13.09.2015

Meski sudah sarapan, stamina bisa saja terkuras lantaran aktivitas berat yang B’timers lakukan. Akibatnya, tubuh jadi lemas dan tak bertenaga untuk melakukan berbagai kegiatan. Solusinya, konsumsilah makanan-makanan sehat yang bisa meningkatkan energi tubuh dengan cepat seperti berikut ini:

Kacang almond

Konsumsi kacang almond untuk supply energi harian
Konsumsi kacang almond untuk supply energi harian

Almond merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan camilan di kala lapar. Kandungan magnesium dan juga vitamin B di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh. Menurut Rachel Berman, RD, CDN, penulis buku Boosting Your Metabolism for Dummies, mereka yang memiliki kadar magnesium rendah di dalam tubuh cenderung lebih cepat merasa lapar dan membutuhkan energi tambahan. Dalam sekali makan, Anda bisa mengosumsi almond sebanyak 1 ounce atau sekitar 23 biji almond.

Daun kale

Sangat cocok untuk dijadikan salad ataupun sup
Sangat cocok untuk dijadikan salad ataupun sup

Daun kale mengandung asam amino berupa L-tyrosine yang mampu menyuplai energi tubuh, menciptakan rasa kenyang lebih lama, dan menghindarkan Anda dari penyakit kanker. Keuntungan lain dari mengonsumsi daun kale adalah kadar gula darah akan tetap terjaga.

Kacang pistachio

Gurih, lezat, dan mengenyangkan, pistachios
Gurih, lezat, dan mengenyangkan, pistachios

Dalam satu butir kacang pistachio terdapat kombinasi nutrisi penting seperti serat, protein, dan lemak tidak jenuh tunggal. Kari Kooi, MS, RD, pakar nutrisi di Methodist Hospital  Houston, mengungkapkan bahwa aneka kandungan tersebut membuat pistachio cocok dijadikan camilan penghasil energi. Konsumsilah 25 biji kacang pistachio dalam sekai makan, jumlah ini cukup untuk memenuhi energi Anda.

Pisang

Pisang juga merupakan sumber energi
Pisang juga merupakan sumber energi

Pisang sangat kaya serat, vitamin B, dan juga potassium. Potassium sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah energi dan fungsi otot. Kombinasikan pisang dengan segelas susu rendah lemak yang akan menghasilkan serat dan protein dalam jumlah tinggi.

Baca juga: 4 KREASI MAKANAN SEHAT DARI BUAH NAGA

Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan tepat untuk sarapan pagi
Oatmeal merupakan pilihan tepat untuk sarapan pagi

Oatmeal salah satu pilihan terbaik sebagai sumber energi di pagi hari. Kandungan serat yang sangat tinggi di dalamnya, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Menurut Melinda Johnson, MS, RD, pakar nutrisi dan juga ketua The Arizona Academy of Nutrition, karena serat akan dicerna lebih lama, maka oatmeal menjadi sumber energi yang lebih baik dibandingkan roti panggang dengan selai.

Kalau mau berat badan tetap ideal dan stamina selalu terjaga, konsumi makanan-makanan sehat tersebut ya, B’timers! 

Share This Article