Mencuci Ayam Mentah Tak Bisa Hilangkan Kuman! | Breaktime
Eits, Mencuci Ayam Mentah Tak Bisa Hilangkan Kuman Seutuhnya!
21.11.2015

Menikmati olahan menu daging ayam seperti kare, soto, ataupun ayam goreng crispy bersama keluarga memang menyenangkan. Tak heran kalau B’timers akan segera membeli ayam segar berkilo-kilo bila ada jamuan keluarga besar di rumah. Selain lezat, ayam juga kaya akan protein yang bagus bagi kesehatan Anda.

Namun, tahukah B’timers bahwa cara pengolahan ayam yang tidak tepat ternyata berisiko memicu penyakit? Sebagian orang biasanya mencuci ayam mentah sebelum dimasak. Tujuannya, agar kotoran luruh dan kuman-kuman pun ikut terbilas dengan air.

Sayangnya, penelitian dari AS dan UK menunjukkan bahwa kuman-kuman tersebut tak akan mati atau menghilang begitu saja saat ayam dicuci dengan air. Justru, kuman tersebut malah bisa tersebar semakin luas di berbagai perabot dapur.

Cara mencuci ayam mentah

Bakteri yang ada pada ayam, yakni campylobacter dan salmonella bisa menyebabkan diare, muntah-muntah, demam, bahkan sampai keguguran kandungan. Lalu, bagaimana solusinya? Sebenarnya mudah saja, kok. Pertama, rebus ayam dalam air mendidih, kemudian bilas dengan air.

Setelah itu, tempatkan ayam yang akan dimasak ke dalam chiller (bagian bawah freezer) agar cairan ayam tidak menetes ke bagian bawah dan mengontaminasi bahan makanan lainnya. Kemudian, cuci tangan Anda dengan sabun agar bau amis tidak tertinggal.

Nah, setelah berhasil membersihkan ayam dengan benar, ada beberapa menu olahan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Apa itu? Berikut Breaktime bagikan daftar menu lezatnya untuk Anda:

Kungpao chicken

Mencuci Ayam Mentah Tak Bisa Hilangkan Kuman! | Breaktime
Menu kungpao chicken istimewa

Kalau B’timers tergila-gila dengan chinese food, coba saja mengolah daging ayam menjadi Kungpao chicken. Menu satu ini terbuat dari paduan bumbu minyak wijen, saus tomat, saus tiram, kecap manis, dan gula pasir. Rasanya pun sudah bisa ditebak, yakni gurih dan manis beradu dalam mulut.

Semur ayam

Mencuci Ayam Mentah Tak Bisa Hilangkan Kuman! | Breaktime
Menu semur ayam yang kaya akan cita rasa

Ingin menu yang lebih berkuah? Well, B’timers bisa menjajal semur ayam. Menu satu ini terbuat dari bawang putih, bawang merah, kemiri, kecap manis, lada bubuk, dan jahe geprek. Tambahan daging ayam dan air di dalamnya akan menyempurnakan citarasanya yang sempurna.

Ayam bakar

Mencuci Ayam Mentah Tak Bisa Hilangkan Kuman! | Breaktime
Kilatan bumbu ayam bakar yang lezat

Siapa yang bisa menahan air liur kalau sudah berhadapan dengan ayam bakar? Menu satu ini terbuat dari potongan daging ayam yang direndam dengan cuka, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Tambahan jahe serta gula merah di dalamnya juga akan semakin menguatkan rasanya.

B’timers tertarik mencoba menu olahan ayam yang mana nih? Jangan lupa untuk mengolah daging ayam secara tepat agar tak lagi berkuman, ya! (vsc)

Share This Article