Ini Dia 5 Fakta Unik Sriracha Sauce Wajib Tahu! | Breaktime
Eits! Ini Dia 5 Fakta Unik Sriracha Sauce Wajib Tahu!
21.06.2016

Jika Anda memiliki hobi memasak, pasti telah memperhatikan bagaimana lingkaran foodie dirasuki oleh sriracha sauce, kan, B’timers? Tersedia di berbagai supermarket Asia, saus sambal ini terbuat dari cabai dan bawang putih. Dan jangan ditanya, rasanya sangat sangat sangat pedas, B’timers! Berikut 5 fakta unik sriracha sauce yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Pengucapan unik sriracha sauce

Menggunakan nama dari bahasa Thai. Dan dimaksudkan untuk menghormati Sri Racha, sebuah kota di pesisir tenggara Bangkok, di mana tinggal wanita bernama Thanom Chakkapak yang merupakan penemu dari saus populer tersebut, B’timers. Abaikan “r”-nya, dan ucapkan “see-rot-cha”.

Logo terkenalnya adalah ayam

Dan logo ayam yang digunakan untuk menandai sriracha sauce ini sebenarnya dibawa oleh David Tran, seorang pria Vietnam kewarganegaraan China. Dia menggunakan logo dari tahun kelahirannya, karena ayam merupakan tanda dari zodiak China-nya, B’timers.

Semakin populer berkat komik

Kepopuleran sriracha sebenarnya berkat komik dari Matthew Inman, sang pencipta Webcomic terkenal bernama The Oatmeal. Satu dari 5 fakta unik sriracha sauce awalnya karena kuis “seberapa ketagihan Anda dengan sriracha”. Dan sejauh ini, dijual lip balm rasa saus pedas itu, lho!

Ini Dia 5 Fakta Unik Sriracha Sauce Wajib Tahu! | Breaktime
Ini dia si jalapeno yang bikin sriracha begitu pedas, B’timers!

Hanya punya satu penyedia cabai

Yang satu ini mungkin akan sedikit terdengar mengejutkan, B’timers. Karena perusahaan sriracha sauce ini ternyata hanya memiliki satu penyedia cabai jalapeno saja, lho. Perkebunan itu berada di Amarillo, California yang menghasilkan sekitar 48.000 ton cabai setahun.

Masuk dalam majalah ternama

Majalah ternama Bon Apetit menyatakan bahwa sriracha sauce merupakan Ingredient of the Year pada tahun 2010. Bahkan majalah tersebut menciptakan Sriracha Week pada tahun 2013. Jika Anda ingin ikut merayakannya, lakukan pada tahun pertama di bulan Mei.

Wow, menarik ya, 5 fakta unik sriracha sauce tadi, B’timers? (NO)

Share This Article