Different Cutlery: Etika Makan dari Berbagai Negara | Breaktime
Different Culture, Different Cutlery: Etika Makan dari Berbagai Negara
30.03.2015
"What we think of as good manners in our culture may not be so in another"
-Patricia Napier-Fitzpatrick-

Pastinya, B’timers pernah diajarkan cara-cara makan yang baik dan benar oleh orang tua pada masa kecil dahulu. Namun ternyata, ada perbedaan-perbedaan kecil mengenai table manner di Indonesia dengan  negara-negara lain di dunia.

Yap, tidak semua negara memiliki tata cara makan yang sama. Contohnya saja di satu negara mengharuskan seseorang untuk menghabiskan makanan yang telah disajikan di piring, namun bagi beberapa negara dan kebudayaan lain, that might be so rude.

Untuk itu, penting sekali mengetahui etika bersantap dari berbagai negara supaya Anda tak sampai melukai perasaan sang tuan rumah ketika diundang ke perjamuan makan. Yuk, keliling dunia bersama Breaktime dan mengintip budaya makan di masing-masing negara berikut ini:

Amerika Utara

Jika menghadiri undangan makan malam di beberapa negara Amerika Utara seperti Peru, Argentina, Chile dan Bolivia, Anda diwajibkan untuk menuangkan beberapa tetes minuman ke lantai sambil berkata “Para la Pachamama”. Hal ini bertujuan untuk menghormati Pachamama, dewi Andean yang dipercaya menjaga kesuburan dan juga panen. 

Chile

Di Indonesia, bukan hal aneh jika melihat seseorang makan menggunakan tangan tanpa sendok atau garpu. Namun di Chile, makan langsung menggunakan tangan adalah hal yang tidak boleh dilakukan karena melambangkan ketidaksopanan.

Jepang

Anda sering risih saat mendengar bunyi “sluuurp” ketika seseorang menyantap hidangan berkuah? Di Jepang, mengeluarkan suara saat menikmati hidangan berkuah seperti ramen justru dianggap baik. Sebab, hal itu menandakan Anda menikmati makanan yang disajikan dan juga menghargai si pembuatnya.

Mesir

Di Mesir, mengisi gelas minum yang sudah kosong merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Kalau gelas minum Anda kosong, berarti harus menunggu orang lain untuk mengisikannya. Jika orang di sebelah Anda lupa untuk mengisinya, ingatkan dengan cara menuangkan sedikit air pada gelasnya. Wah, repot juga ya, B’timers!

Korea

Kebiasaan bangsa Korea dalam menerima minuman atau makanan adalah dengan cara menyilangkan tangan ke dada. Namun tidak hana sekadar menyilangkan saja, ada ketentuan khusus yaitu tangan kanan berada di atas tangan kiri.

Memang tidak banyak table manner dari berbagai  negara yang diulas oleh Breaktime kali ini, namun setidaknya dengan mengetahui 7 tata cara dan etika makan dari negara-negara lain tersebut, maka akan memperkaya pengetahuan B’timers.

Share This Article