Diet Semakin Seru Lewat Menu Masakan Jepang | Breaktime
Diet Semakin Seru Lewat Menu Masakan Jepang
18.08.2017

B’timers, dipikir-pikir lagi, Jepang memang merupakan salah satu negara di dunia yang akrab dengan kebiasaan hidup sehat ya? Ini dibuktikan dengan para warga Jepang senantiasa berjalan kaki atau naik sepeda ketika hendak ke sekolah, ke kantor, atau saat hendak berbelanja ke pasar. Selain itu, masakan Jepang yang biasa dikonsumsi juga didominasi oleh menu olahan ikan, sayur, dan kedelai. Pantaslah bila di negeri sakura, masyarakatnya memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi, yakni mencapai kurang lebih usia 80 tahun. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Tips Jitu Sajian Lobster Siap Santap

Di Jepang juga jarang lho kita jumpai warga dengan berat badan berlebih— kecuali beberapa dari mereka yang diarahkan pada olahraga sumo— yang mana memerlukan berat badan lebih besar dari bentuk normal. Inilah yang membuat banyak orang jadi kepo lebih dalam akan gaya hidup masyarakat Jepang. Utamanya dari segi konsumsi menu sehari-hari yang siapa tahu dapat dicontoh sebagai menu diet harian.

Diet Semakin Seru Lewat Menu Masakan Jepang | Breaktime
Green tea dikenal pula dengan sebutan matcha

Nah, menu diet ala Jepang memang akan pas banget untuk Anda yang tak bisa jauh-jauh dari yang namanya nasi. Yap, nasi tidak akan dilarang untuk disantap pada menu diet masakan Jepang sebab yang didahulukan di sini adalah kualitas bahan makanan. Bahan makanan diwajibkan tergolong pada bahan makanan yang fresh, tanpa ada proses pengolahan dan tambahan bahan kimia sebelumnya. Jadi kesimpulannya, hidangan fast food dan junk food-lah yang merupakan momok sejati penghalang kesuksesan diet yang bergantung pada masakan Jepang— bukan si nasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Masakan Udang, Tapi Harga Selangit!

Di pagi hari, diet dimulai dengan memakan sebuah jeruk mandarin. Setelah itu, menu sarapan dilanjutkan dengan semangkuk sup miso. Sup miso dipercaya akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh meskipun kandungan lemak dan kalorinya terbilang rendah. Untuk membuatnya, masukkan potongan tahu, rumput laut, dan pasta miso ke dalam kaldu ikan tuna. Sebagai pelengkapnya, taburi bagian atas sup dengan potongan lokio yang akan semakin menyedapkan rasanya. Baru sebagai minumannya, teguklah secangkir teh hijau hangat yang menyegarkan dan sarat akan kandungan antioksidan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lagi-Lagi Jepang Punya Inovasi Makanan Absurd!

Siangnya, Anda bisa memanjakan lidah dan perut lewat semangkuk sushi— yang notabene adalah kepalan nasi yang dihidangkan bersama potongan ikan mentah. Agar tak terasa hambar, boleh banget Anda menambahkan kecap asin maupun wasabi sebagai pelengkap cocolan sushi. Masih lapar? Anda pun diperbolehkan untuk menikmati semangkuk mi dengan jamur. Sebagai buah pendampingnya, silahkan Anda mengonsumsi satu buah apel saja. And then, makan siang ala menu diet masakan Jepang kembali diakhiri dengan secangkir teh hijau seperti pada menu sarapan.

Diet Semakin Seru Lewat Menu Masakan Jepang | Breaktime
Sushi yang yummy ternyata juga direkomendasikan dalam menu diet Anda

Beralih pada menu makan malam, masyarakat Jepang akan melarang keras konsumsi dairy product seperti keju. Roti-rotian dan daging-dagingan juga sejatinya tak akan Anda temukan dalam menu diet ala masakan Jepang. Justru pada saat makan malam, Anda akan diharuskan menyantap menu sashimi alias potongan-potongan tipis dari berbagai macam daging ikan mentah segar. Semangkuk nasi pun ikut menjadi peneman biar Anda tak terserang ganasanya rasa lapar di malam hari. Demi menghilangkan rasa amis di mulut, sebuah jeruk dan secangkir teh hijau bisa menjadi andalan solusi.

Menu diet masakan Jepang ternyata tak ribet ya, B’timers? Tapi ingat, kalau mau hasil diet yang optimal, Anda juga tak boleh malas mencontoh kebiasaan orang Jepang yang lainnya seperti berjalan kaki, meditasi, sampai senantiasa bersyukur akan segala nikmat yang diterima setiap hari. (kps)  



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE