Serangga Adalah Sumber Protein yang Potensial | Breaktime
Di Masa Depan, Serangga Adalah Sumber Protein yang Potensial
10.11.2015

Apakah Anda pernah membayangkan untuk mengosumsi serangga? Jika belum pernah, sepertinya Anda harus segera bersiap-siap untuk hal ini. Berdasarkan British Non-profit the Waste and Resources Action Program (WRAP), jika ingin menyelamatkan bumi, kita harus mulai untuk mencari sumber protein selain daging dan ikan.

Ditambah lagi, populasi manusia yang semakin meningkat tentu saja akan membuat populasi sumber protein hewani menurun drastis. Organisasi Pangan Dunia juga memberikan pernyataan, serangga adalah salah satu makanan potensial di masa depan untuk menggantikan sumber protein seperti daging.

Serangga Adalah Sumber Protein yang Potensial | Breaktime
Belalang goreng dipadukan dengan teh yang mungkin akan semakin banyak di masa depan

Laporan dari WRAP menjelaskan bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi manusia pada beberapa dekade mendatang adalah perkembangan dan ketersediaaan makanan. Prediksi lainnya yang dilaporkan oleh WRAP adalah nanti pada tahun 2020, kondisi bisa sangat memprihatinkan karena tanah yang digunakan untuk mengolahnya tanaman sumber makananan hewan sangatlah terbatas.

Laporan dari WRAP ini menyarankan juga untuk menambahkan rumput laut sebagai pengganti sayur. Bisa dibilang, rumput laut merupakan sumber protein yang cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Di masa depan nanti, mungkin Anda tidak akan heran lagi melihat para pedagang menjajakan olahan serangga di berbagai tempat.

Saat ini pun serangga sebenarnya sudah banyak diolah menjadi makanan yang lezat dikonsumsi. Di beberapa negara Asia seperti Thailand, serangga malah dijajakan sebagai camilan di pinggir jalan. Hmm, berminat untuk membiasakan diri mengonsumsi serangga mulai sekarang, B’timers? (ya)

Share This Article