Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Dessert Tradisional Irlandia di St. Patrick’s Day
23.03.2016

Irlandia memiliki koleksi hidangan penutup yang sangat menggoda. Bahkan resep-resepnya ada yang berumur hingga ratusan tahun, lho, B’timers. Wow! Dan, banyak dessert tradisional Irlandia yang disajikan khusus untuk merayakan  Hari St. Patrick yang diadakan pada pertengahan Maret setiap tahunnya. Seperti apa, sih, makanan penutup klasik mereka, penasaran, kan, B’timers? Yuk, simak beberapa dessert tradisional Irlandia berikut:

Date and Ginger Sticky Toffe Puddings with Brandy Toffe Sauce

Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Puding imut yang menggoda

Lengket, manis dan imut, puding mini ini akan menyempurnakan hidangan khas Irlandia Anda. Penambahan kurma membuat puding ini lembab, dan saus toffee yang membasahi meresap di setiap gigitan. Dipanggang menggunakan cetakan muffin, membuat porsinya yang mini terlihat begitu lucu. Biasanya disajikan di piring kecil dengan sendok es krim.

Irish Apple Cake with Custard Sauce

Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Cake apel dengan saus custard

Salah satu makanan penutup Irlandia yang paling populer adalah cake apel dengan topping gula yang renyah. Untuk menjaga agar kue tidak terlalu manis, ditambahkan campuran jahe, pala dan bumbu lain. Disajikan langsung dari oven dengan percikan saus custard, memberikan kehangatan yang unik di setiap gigitannya, B’timers.

Irish Potato Candy

Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Permen tradisional Irlandia yang bentuknya mirip kentang

Dessert berbentuk kentang mungil ini berasal dari imigran Irlandia yang tinggal di Philadelphia. Setiap butirnya diisi dengan krim kelapa, yang terbuat dari campuran krim keju, mentega, gula bubuk, kelapa dan vanili, kemudian digulung dalam adonan aroma kayu manis. Keunikan lainnya adalah bungkus kantong kertas cokelat untuk meniru karung kentang, B’timers.

Baca juga : LIBURAN KE IRLANDIA? INI 6 DESTINASI RECOMMENDED

Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Puding tradisional Irlandia dengan mentega brioche

Selama musim dingin yang suram di Irlandia, puding krim ini menjadi makanan terbaik. Mentega brioche dengan cokelat chip, direndam dalam custard vanili buatan sendiri. Kemudian ditambahkan dengan gula kasar yang dibakar hingga renyah dan berkaramel. Mereka akan membaginya di mangkuk kecil, atau Anda bisa mengambilnya langsung dari wadahnya.

Irish Fruit and Oatmeal Scones

Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Scones ini biasa dijadikan menu sarapan di Irlandia

Meskipun rasanya jauh lebih gurih dari kue, scone ini tidak kalah memuaskannya, kok, B’timers. Terutama ketika disajikan hangat dengan mentega, madu dan selai. Penambahan gandum memberikan tekstur khas. Sementara potongan buah kering yang manis memberikan rasa unik yang berbeda. Nikmati menu ini untuk sarapan dengan sosis, kentang dan telur.

Irish Porter Cake

Dessert Tradisional Irlandia St. Patrick’s Day | Breaktime
Tidak ada yang mampu bertahan akan godaan cake porter Irlandia ini

Berhiaskan buah kering, kulit lemon, dan manisan kulit jeruk, membuat campuran ini menjadi kue buah yang sempurna. Semakin lama disimpan, semakin aromanya menggoda, B’timers. Biasanya mereka memanggang setidaknya 24 jam sebelum disajikan. Dan untuk mendapatkan kismis yang gemuk dan lebih kenyal, kismis lebih dulu direndam dalam alkohol.

Sebenarnya, masih banyak lagi hidangan penutup tradisional Irlandia untuk perayaan St. Patrick’s Day, B’timers. Dan biasanya makanannya berwarna hijau, lho. (NO)

Share This Article