Dessert Modern vs Kue Tradisional, Pilih yang Mana?
Dessert Modern vs Kue Tradisional, Pilih yang Mana?
25.09.2015

Membahas tentang kuliner memang tak ada habisnya. Mulai dari kuliner khas oriental, Western, bahkan tradisional, semuanya layak dicoba. Tapi ketika harus memilih antara dessert modern dan kue tradisional, B’timers pilih mana, nih?

Dessert modern

Dessert modern banyak ditemui di restoran besar yang ada di Indonesia. Beberapa restoran menyediakan dessert sebagai makanan penutup yang disajikan bersama dengan menu utama, sedangkan beberapa lainya menyediakan dessert sebagai pilihan menu yang dapat dibeli ataupun tidak.

#1 Cake

Chocolate Truffle Cake
Chocolate Truffle Cake

Cake merupakan menu dessert yang cukup banyak disajikan di Indonesia. Selain rasa dan tampilannya yang manis, cake juga merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang gampang dibuat dengan berbagai kreasi dan bahan sampingan. Salah satu yang banyak digemari adalah Hot Milk Cake, Chocolate Truffle Cake, dan Strawberry Short Cake.

#2 Puding

Orange Pudding
Orange Pudding

Puding juga merupakan dessert modern yang sering disajikan sebagai makanan penutup di Indonesia. Umumnya, puding disajikan bersama fla kental bercita rasa manis-gurih. Namun, saat ini, makin banyak penyajian puding, mulai dari menyandingkannya dengan potongan buah hingga beberapa sirup pilihan.

#3 Es krim

Waffle Ice Cream
Waffle Ice Cream

Dessert yang satu ini bisa dibilang menjadi favorit. Tak hanya sensasi dinginnya, aneka kreasi es krim pun cukup menarik untuk dinikmati, mulai dari gelato, sorbet, hingga waffle ice cream. Selain cake, puding dan es krim, pie dan pancake juga kerap dijadikan sebagai makanan penutup meskipun tak sesering ketiga dessert modern diatas.

Kue tradisional

Mengingat Indonesia yang cukup luas dengan bermacam suku, jenis makanannya pun pasti beragam. Namun, kue tradisional Indonesia bisa dibedakan menjadi cara memasaknya, yakni digoreng, dikukus, dan dipanggang.

Lumpia

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang

Bisa dibilang makanan yang digoreng adalah favorit orang Indonesia, mulai dari weci, lumpia, gabin goreng, risoles, sampai aneka gorengan lainnya. Kue tradisional jenis ini biasanya memiliki bercita rasa gurih asin dan bisa dinikmati kapanpun.

Kue Lapis

Lapis Pandan Susu
Lapis Pandan Susu

Tak kalah pamor dengan kue tradisional yang digoreng, kue yang dikukus pun cukup banyak diminati oleh orang Indonesia. Mulai dari roti kukus, kue tok, lapis hingga lemper merupakan jajanan pilihan yang sering disajikan dalam banyak kesempatan.

Kue cubit

Kue lumpur versi mini
Kue lumpur versi mini

Seperti halnya jajanan yang dikukus, kue tradisional yang dimasak dengan cara dipanggang, umumnya memiliki rasa manis. Salah satu yang paling terkenal adalah kue lumpur yang kini muncul versi mininya dengan nama kue cubit. Selain kue lumpur, bika ambon, terang bulan, serabi solo, dan apem juga menjadi kue tradisional panggang yang jadi favorit banyak orang.

Kalau B’timers, lebih suka mana antara dessert modern dengan kue tradisional?

Share This Article