Dessert Apel Ini Dibuat Hanya Dengan 6 Bahan! | Breaktime
Dessert Apel Ini Dibuat Hanya Dengan 6 Bahan!
14.10.2017

Apel menjadi salah satu buah yang dicintai secara universal. Apel telah menjadi bahan olahan beragam masakan. Mulai dari makan siang, salad, atau bahkan makanan ringan. Dengan kegentingan yang memuaskan dan rasa yang menyegarkan, ini adalah buah yang sempurna. Apel juga menjadi buah yang paling mudah diakses. Anda bisa membelinya di pasar, pedagang kaki lima, ataupun di supermarket. Buah apel rasanya tak mengenal musim, karena selalu ada untuk musim apapun. Ternyata apel tumbuh dalam lebih dari 100 variasi.

Jenis apel yang beragam ini sebenarnya tanpa disadari juga sering B’timers nikmati. Apa saja jenis apel tersebut? Lalu bagaimana trik memilih buah apel yang bagus? Dan cari tahu resep dessert apel super mudah dengan hanya menggunakan enam jenis bahan berikut ini.

Dessert Apel Ini Dibuat Hanya Dengan 6 Bahan!

Salah satu apel yang paling populer, khususnya di Amerika Serikat adalah Royal Gala. Jenis apel ini dibawa dari Selandia Baru pada tahun 1970. Jenis apel ini juga menjadi buah favorit Ratu Elizabeth II. Teksturnya yang garing dengan rasa yang manis menjadi pilihan terbaik untuk ngemil. Sama seperti apel Honeycrisp yang juga sangat garing dan sedikit rasa manis.

Jenis lainnya adalah MacIntosh yang bekerja sempurna untuk kue pai. Potong dengan irisan yang tebal saat memasak untuk menjaga teksturnya yang keras. Jika Anda suka dengan rasa buah yang sedikit asam, pilihan Granny Smith akan memuaskan hasrat Anda. Jenis apel yang satu ini dipercaya berasal dari Perancis.

Ada banyak jenis apel lainnya seperti Pink Lady yang sulit membusuk meski disimpan beberapa minggu. Cortland punya variasi rasa manis dan asam yang menyenangkan. Kalau Red Delicious menawarkan rasa yang agak pahit dan berujung manis nan lembut. Terakhir adalah Fuji yang lahir di dataran Jepang, tepatnya di Gunung Fuji pada tahun 1930. Memiliki keasaman yang sangat rendah dan aroma yang sangat kuat.

Dessert Apel Ini Dibuat Hanya Dengan 6 Bahan! | Breaktime
Apel jadi buah paling sempurna untuk disantap
Dessert Apel Ini Dibuat Hanya Dengan 6 Bahan!

Sebagai penggemar apel, kita pasti mengira bahwa buah ini memang tak memiliki musim. Padahal sebenarnya, puncak lahirnya buah apel pada bulan September, Oktober, dan November. Metode penyimpanan berteknologi tinggilah yang membuat mereka tetap segar sepanjang tahun. Meski begitu, B’timers tetap harus mengetahui trik yang tepat memilih buah apel yang berkualitas. Intinya, jika Anda membeli buah kemasan dalam jumlah besar, Anda tak akan bisa memeriksa kulit dan tekstur buah dari luar. Jadi, lebih baik membeli apel yang terbuka dan pilih secara manual.

Ketika akan memasak buah apel tersebut, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Apel yang mengandung 95 kalori, 25 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 4 gram serat, dan 0,4 gram serat, dan 14% vitamin C ini memiliki banyak cara untuk dimasak. Salah satunya adalah resep dessert berikut ini yang hanya menggunakan 6 bahan tambahan. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Bahan:

  • 2 apel besar, belah dua dan buang bijinya
  • 4 sendok makan margarin trans-fat-free
  • ½ cup jus jeruk
  • 1 sendok makan cuka apel
  • ¼ cup evaporated milk
  • 2 sendok makan sirup maple murni
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 3

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan, kecuali evaporated milk dan sirup maple. Kemudian masak dengan api kecil selama dua jam.
  2. Tiriskan buah apel yang sudah lebih empuk. Kemudian tuangkan sarinya ke dalam panci kecil. Didihkan selama 3 menit. Dinginkan.
  3. Siapkan mangkuk untuk membuat topping. Tuangkan susu dan sirup maple. Mix dengan kecepatan tinggi selama 4 menit.
  4. Siramkan ke atas apel dan jangan lupa untuk menyiramkan juga sari buah yang tadi dididihkan.
  5. Sajikan.

Bagaimana, B’timers? Mudah kan? Untuk satu mangkuk penyajiannya, dessert ini mengandung 137 kalori, 5 gram lemak, 24 gram karbohidrat, 20 gram gula, 51 mg sodium, 2 gram serat, dan 1 gram protein. Dessert apel ini cocok banget untuk Anda yang sedang program diet atau yang sedang menjalankan pola hidup sehat. Selamat mencoba, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE