Ada Saatnya Secangkir Kopi Jadi Kurang Nikmat! | Breaktime
Dear Coffee Holic, Ada Saat Secangkir Kopi Jadi Kurang Nikmat!
20.10.2015

Ada 1001 alasan mengapa kopi menjadi minuman yang paling banyak “dipuja” di berbagai belahan dunia. Rasanya yang nikmat, campurannya yang pas, dan aromanya yang menggoda semua melebur jadi satu dan memikat lidah pecinta kopi. Namun, ada kalanya kopi tak terlalu nikmat untuk diseruput, terlebih saat agak dingin. Mengapa bisa begitu, ya?

Well, Adi W, Taroepratjeka, selaku Coffee Expert Indonesia menuturkan bahwa indera perasa sangat sensitif terhadap suhu. Jadi, semakin suhu kopi berkurang, maka rasa asam pada kopi akan semakin terasa di lidah yang membuat minuman klasik ini kurang nikmat lagi untuk diseruput.

Hal yang sama juga dilakukan oleh tim peneliti dari Laboratory of Ion Channel Research di Kuba. Mereka menemukan bahwa reseptor dalam lidah B’timers akan lebih sensitif terhadap molekul makanan yang sesuai dengan suhu ruangan, yakni 20 sampai 30 derajat Celcius.

Baca Juga : GURIH, MANIS, BERCAMPUR PEDAS DI SEPIRING UDANG BALADO

Ini berarti bahwa makanan atau minuman yang lebih panas atau dingin dari suhu tersebut tidak akan terdeteksi oleh indera pengecap. Alhasil, rasa pahit dan asam yang sejatinya dimiliki kopi justru tak akan terasa di lidah, malah membuatnya semakin nikmat untuk diteguk.

Ada Saatnya Secangkir Kopi Jadi Kurang Nikmat! | Breaktime
Nikmatnya kopi arang yang disajikan saat panas

Coba saja tengok kedai kopi arang khas Jogja yang selalu tak pernah sepi pengunjung. Yap, kopi satu ini dipadu dengan celupan arang membara ke dalamnya yang bikin rasanya begitu unik dari berbagai kopi lain.

Ada Saatnya Secangkir Kopi Jadi Kurang Nikmat! | Breaktime
Kopi Capuccino Latte panas dengan aroma menggoda

Selain disajikan  dalam keadaan panas, biji kopi pilihan yang digunakan pada saat proses pembuatannya juga jadi kunci kenikmatan. Jenis biji kopi yang paling populer dengan rasa nagih adalah Arabika dan Robusta. Selain itu, pilihan kopi hitam, Capuccino, Latte, Mocha, atau Espresso juga bisa masuk daftar kopi favorit yang disajikan dalam keadaan panas.

Nah, kopi panas manakah yang akan jadi teman B’timers hari ini?

Share This Article