Dasar-dasar Table Manner yang Wajib Diketahui | Breaktime
Dasar-dasar Table Manner yang Wajib Diketahui
09.02.2016

Segala sesuatu tentu ada aturan atau etikanya masing-masing, begitu pula dengan makan. Etika makan atau kerap disebut sebagai table manner merupakan salah satu hal yang wajib dipelajari. Bukan hanya agar lebih beretika, table manner juga mengajarkan Anda bagaimana harus berlaku di meja makan. Nah, agar lebih jelas, berikut penjabarannya.

Tempat duduk

Jamuan makan yang diadakan dirumah, umunya pengaturan meja telah ditata sedemikian rupa oleh tuan rumah. Jika Anda berlaku sebagai tamu, biarkan tuan rumah yang mengarahkan tempat duduk. Namun, jika Anda sebagai tuan rumah, sarankan tempat duduk untuk tamu Anda.

Sedangkan jika jamuan makan di helat di restoran, kursi terbaik dimeja merupakan tempat untuk tamu kehormatan. Tuan rumah, harus duduk tepat disebelah kiri tamu kehormatan, kemudian tamu yang lain menyusul.

Serbet

Tempatkan serbet di pangkuan Anda segera setelah Anda duduk pada acara informal. Sedangkan pada acara resmi, tunggu nyonya rumah untuk meletakkan serbet dipangkuannya sebelum Anda melakukannya.

Dasar-dasar Table Manner yang Wajib Diketahui | Breaktime
Gunakan serbet di pangkuan Anda

Makanan

Dalam acara formal, umunya tiap menu akan disajikan dalam piring atau mangkuk disebelah kiri tamu. Namun, pada acara kasual, umumnya makanan akan disajikan dalam piring besar di tengah meja. Tuan rumah ataupun tamu bisa membantu menyebarkan makanan ke orang lain yang memerlukan.

Pengaturan meja

Dalam jamuan makan, akan disediakan pisau, sendok, ataupun garpu. Sebelum makan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan nanti. Sebaiknya, pilih alat makan yang letaknya paling luar dan mengarah kedalam untuk kesopanan.

Mulai makan

Di sebuah meja kecil yang terdiri dari dua sampai empat orang, tunggu sampai yang lainnya menerima makanan mereka sebelum Anda mulai makan. Sedangkan pada jamuan makan resmi ataupun bisnis, tunggu hingga semua orang mendapatkan makannya atau hingga tuan rumah mempersilahkan Anda untuk memulai.

Penggunaan alat

Pegang garpu dengan tangan kiri Anda dengan menghadap kebawah, sedangkan pisau di tangan kanan dengan jarak satu atau dua inci di atas piring. Saat memegang pisau, arahkan jari telunjuk di sepanjang bagian atas pisau. Jika pisau tidak diperlukan, biarkan di meja.

Dasar-dasar Table Manner yang Wajib Diketahui | Breaktime
Saat berhenti sejenak, letakkan pisau dan garpu membentuk huruf V

Menyebarkan makanan

Saat menyebarkan makanan, sebaiknya arahkan ke samping kanan Anda. Anda bisa memegangi piring sementara tamu lain mengambil makanan, ataupun mengambilkan makanan untuk orang lain, baru kemudian diri Anda sendiri.

Berhenti sejenak saat makan

Saat makan, mungkin Anda harus berhenti sejenak untuk minum atau menanggapi pembicaraan. Saat berhenti ini, letakkan pisau dan piring Anda dibagian tengah membentuk huruf V dengan ujung pisau dan garpu bertemu.

Selesai makan

Dalam acara formal, piring akan diambil oleh staf professional. Sedangkan dalam acara informal, nyonya rumah dan beberapa tamu lah yang akan membersihkan piring. Tunggu hingga kegiatan ini selesai dan mendapatkan sinyal dari nyonya rumah sebelum meninggalkan ruangan.

Dasar-dasar table manner ini bisa Anda gunakan dalam jamuan makan yang bersifat formal atau pun informal. Lakukan dengan benar, ya, B’timers! (dfr)

Share This Article