Dari Penghobi Makan Jadi Pengusaha Kuliner | Breaktime
Dari Penghobi Makan Jadi Pengusaha Kuliner
18.03.2015

Berkarir di dunia kuliner dengan memanfaatkan minat, keterampilan, dan pengalaman yang dimiliki adalah sebuah peluang usaha yang tidak main-main. Dari sekedar orang yang hobi icip-icip, B’timers bisa lho menjelma menjadi pengusaha kuliner sukses dengan jaringan bisnis yang luas.

Nah, jika Anda ingin berbisnis kuliner tetapi bingung harus mulai dari mana, Breaktime punya solusinya! Stephen Hall, penulis buku From Kitchen to Market, dan Regina McRae, pemilik dessert company Grandma's Secrets sekaligus penulis Taking the Cake, menjelaskan lima hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis kuliner seperti berikut ini:

Buat niche

Anda harus tahu mengapa masakan atau kue Anda lebih enak dibandingkan yang lainnya. Selain itu, memberikan nama yang lucu, bentuk yang unik, atau menyelipkan inovasi lain dalam makanan membuat customer lebih mudah menerima Anda. 

Temukan taste-tester

Hall menyarankan untuk memanfaatkan jasa “pencicip” masakan atau gourmet dan mintalah mereka untuk mencicipi masakan Anda. Jika mereka menyukainya, maka kabar tentang betapa enaknya hasil masakan Anda akan dengan cepat menyebar dari mulut ke mulut. McRae sendiri memulai bisnisnya dengan membuat kue pie untuk teman-teman di klub olahraga larinya. Dan tak lama kemudian, kelezatan pie McRae sudah sampai di klub dan kelompok lainnya.

Pasang harga

Berkunjunglah ke toko atau restoran setempat untuk mengetahui berapa harga yang dibanderol pesaing B’timers. Atau lakukan saja dengan terang-terangan seperti gaya McRae, “Aku bertanya langsung kepada pembuat kue lain tentang bagaimana mereka menentukan harga kue mereka,".

Belajar memasarkan dengan biaya murah

Saat ini tak diperlukan dana banyak untuk beriklan. Cukup dengan gadget dan koneksi internet, Anda bisa memasarkan produk apapun ke belahan dunia manapun. Manfaatkanlah hal ini untuk memperkenalkan kue atau masakan yang Anda buat. Bergabunglah dengan grup kuliner yang ada di sosial media atau promosikan secara langsung melalui akun Anda.

Tulis business plan

Dengan membuat business plan, Anda akan lebih mudah melakukan analisa biaya produksi, pertimbangan tempat berjualan, kemungkinan pesaing, hingga strategi pemasaran. Hal ini menjadi dasar yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis.

Hal yang tak kalah pentingnya, jangan lupa memerhatikan kualitas dan rasa dari makanan yang B’timers jual. Jangan ragu mencoba berbagai menu baru yang masih jarang dijumpai di lokasi sekitar Anda untuk menarik minat pembeli. Good luck!

Share This Article