Lifehacks menguasai Dapur | Breaktime
Dapur Bukan Lagi Medan Perang Kalau B’timers Tahu Triknya!
28.12.2015

Memasak bukan lagi suatu kewajiban bagi perempuan saja, banyak para pria yang mulai mempelajari masak sebagai hobi. Namun ada juga yang tidak tertarik menguasai wilayah dapur. Akui saja, beberapa dari Anda mengaku enggan dengan segala urusan dapur. Eits, bukan berarti Anda jadi tidak peduli tentang apa yang terjadi dalam dapur Anda lho. Setidaknya B’timers pelajari dulu cara singkat menguasai dapur Anda.

Pertajam alat perang Anda

Lifehacks menguasai Dapur | Breaktime
Pisau yang tajam mempercepat langkah Anda

Alat perang B’timers yang ada di dapur tak lain dan tak bukan adalah pisau. Asah pisau Anda setidaknya sekali atau dua kali dalam setahu. Pisau yang tajam mempercepat kerja B’timers di dapur. Selain itu juga menghindari terjadinya lupa pada jari Anda akibat pisau terpleset dari sayuran yang Anda potong. Berinvestasilah pada batu asahan pisau, dengan begitu pisau Anda tetap tajam seperti baru kembali. Jangan lupa untuk selalu membersihkan pisau agar tidak mudah terkena kuman dan tahan lama.

Simpan bahan makanan dengan baik

Lifehacks menguasai Dapur | Breaktime
Bungkus Sayuran Hijau dengan Tisu Dapur

B’timers pasti sering menata seadanya saat selesai belanja. Ada tricknya untuk menjaga sayur dan rempah tahan lama. Cuci rempah dan sayuran hijau hingga bersih, lalu bungkus mereka dengan tisu dapur lalu masukkan ke dalam zip lock bag. Sayuran dan rempah Anda siap untuk disimpan di dalam kulkas. Untuk daging yang segar taruh di dalam freezer dalam kondisi datar sehingga lebih merata dinginnya dan tidak mudah busuk.

Gunakan rasa asam selain asin

Lifehacks menguasai Dapur | Breaktime
Beri satu dua tetes air jeruk nipis pada makanan

Garam dan gula menjadi bumbu esensial di dapur setiap rumah. Menyesuaikan tingkat keasinan dalam masakan selalu menjadi tujuan utama para chef rumahan maupun restoran bintang lima. Ternyata ada rasa yang bisa ditambahkan agar rasa masakan B’timers lebih sedap. Rasa asam adalah jawabannya. Teteskan satu dua air jeruk nipis atau jeruk lemon ke dalam tumisan, maka tumisan Anda akan menjadi lebih segar. Meneteskan pada daging ayam membuat bau amis hilang dan rasanya lebih nikmat.

Kupas persediaan bawang 

Lifehacks menguasai Dapur | Breaktime
Bawang kupasan siap dimasak jadi apa saja

Biasakan membeli bawang merah dan putih yang sudah dikupas sebelumnya. Mengupas keluarga bawang membutuhkan waktu yang lama, sehingga lebih mudah jika dalam kulkas Anda sudah tersedia bawang kupasan. B’timers juga bisa mengupas sendiri bawang dalam jumlah besar lalu dimasukkan kulkas agar lebih awet dan siap digunakan kapan saja.

Empat langkah saja Anda sudah bisa disandingkan dengan chef professional lho. Dapur B’timers terselamatkan, keluarga juga pastinya ikut senang. Teruslah bereksperimen dengan resep baru untuk menambah skill memasak Anda. Semoga sukses! (ft)

Share This Article