Dan ini lho, Beda Gado-gado, Lotek dan Ketoprak! | Breaktime
Dan ini, lho, Beda Gado-gado, Lotek dan Ketoprak!
23.08.2016

Nah, bagi Anda penggemar makanan tradisional, pasti kenal dengan gado-gado, lotek maupun ketoprak, kan, B’timers? Ketiga menu tersebut memang sedikit mirip, karena menggunakan bumbu yang terbuat dari kacang yang dituangkan di atas irisan berbagai macam sayuran. Namun Anda tahu tidak, apa beda gado-gado, lotek dan ketoprak, B’timers? Intip beda ketiganya agar tidak salah lagi, yuk!

Dan ini lho, Beda Gado-gado, Lotek dan Ketoprak! | Breaktime
Salad sayur a la Indonesia, nih!

Gado-gado

Sajian dari berbagai macam sayuran ini biasanya kita sebut dengan vegetables salad, nih. Makanan yang berasal dari Jawa ini menggunakan sayur-sayuran yang direbus, dituang saus bumbu kacang tanah. Biasa diberi tambahan telur rebus. Sementara untuk bumbunya, ada juga yang menambahkan kentang rebus, agar terasa lebih kental, B’timers. Makan gado-gado akan makin nikmat jika ditaburi bawang goreng dan sedikit emping serta kerupuk udang. Ingin lebih kenyang, tambahkan nasi atau lontong saja, B’timers!

Dan ini lho, Beda Gado-gado, Lotek dan Ketoprak! | Breaktime
Makanan khas Sunda dengan bumbu kacang

Lotek

Untuk mengetahui beda gado-gado, lotek dan ketoprak, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa itu lotek, B’timers. Merupakan makanan khas Sunda, lotek lebih banyak ditemukan di Jawa Barat. Jika Anda tahu pecel, lotek ini sebenarnya sama, sih. Ya, lotek adalah makanan yang terbuat dari rebusan sayuran segar ,yang diberi dressing berupa sambal dicampur dengan bumbu kacang, B’timers. Keunikan lotek ini, dari bumbu kacangnya biasa ditambahkan tempe. Rasa lotek sebenarnya lebih manis dibanding pecel.

Dan ini lho, Beda Gado-gado, Lotek dan Ketoprak! | Breaktime
Tambahan bihun, ciri dari ketoprak

Ketoprak

Jika datang ke Jakarta, Anda akan menjumpai banyak penjual ketoprak yang menjajakan dagangannya dengan gerobak, B’timers. Bedanya ketoprak dengan gado-gado dan lotek adalah, potongan ketupat yang ditambahkan. Ketoprak sendiri terdiri dari tahu, bihun, mentimun, taoge dan biasanya ditambah telur rebus. Saus kacang yang dituang pada bagian atas, dilengkapi dengan kecap manis serta bawang goreng. Sama seperti gado-gado, ketoprak makin lezat jika ditambah kerupuk udang dan emping mlinjo.

Nah, sudah tahu beda gado-gado, lotek dan ketoprak, kan, B’timers? Mana yang paling Anda sukai, nih? (NO)

Share This Article