Daging Alot? Atasi dengan Cara Mudah Berikut Ini!
Daging Alot? Atasi dengan Cara Mudah Berikut Ini!
24.09.2015

Memasak daging memang membutuhkan waktu yang cukup lama agar daging empuk dan mudah digigit. Namun, jika Anda tak sabar memasaknya dalam waktu lama, coba cara mudah dibawah ini:

Rendam sebelum di masak

Kulit pisang

Kandungan dalam kulit pisang akan menguraikan protein dalam daging. Gosok merata permukaan daging dengan bagian dalam kulit pisang dan diamkan 1 jam.

Kiwi

Untuk, 1 kg daging gunakan 1 hingga 2 buah kiwi. Hancurkan buah kiwi, kemudian lumuri daging dengan buah kiwi yang telah dihaluskan dan diamkan selama 1 jam.

Nanas

Parut 250 gram nanas muda untuk melumuri 1 kg daging. Diamkan selama 45 ment, kemudian cuci bersih menggunakan air mengalir.

Daun pepaya

Remas-remas daun pepaya muda, kemudian bungkus daging menggunakan daun tersebut. Diamkan selama 30 menit.

Garam

Gunakan garam dapur untuk melumuri seluruh permukaan daging satu jam sebelum diolah

Melumuri atau merendam daging dengan bahan tertentu bisa membuatnya empuk
Melumuri atau merendam daging dengan bahan tertentu bisa membuatnya empuk

Teh

Buat 1-2 cangkir teh hitam pekat tanpa gula. Setelah dingin, rendam daging menggunakan air teh selama beberapa menit.

Perasan jeruk atau lemon

Kandungan asam pada jeruk akan membuat daging menjadi lebih empuk. Lumuri daging dengan perasan air jeruk hingga merata, diamkan selama 1 jam.

Saus tomat

Cara ini banyak digunakan terutama untuk membuat daging barbeque. Kandungan asam dalam saus tomat akan membuat daging menjadi empuk.

Cola

Rendam daging menggunakan cola selama 30 menit untuk melembutkan serat-serat pada daging.

Cara mengolah daging agar empuk

Selain direndam, ada beberapa cara lain untuk membuat serat daging menjadi lebih lembut dan empuk. Cara-cara ini bisa Anda gunakan untuk mengolah daging.

Pukul dengan pemukul daging

Jika merendam dirasa terlalu lama, Anda bisa memukul-mukul daging agar lebih empuk. Gunakan pemukul daging untuk melembutkan kedua sisi daging hingga dirasa daging cukup empuk.

Potong daging menjadi bagian kecil
Potong daging menjadi bagian kecil

Potong dengan benar

Pemotongan daging sangat berpengaruh pada empuk tidaknya daging nantinya. Sebelum memotong, perhatikan serat daging. Kemudian, potong dagingb berlawanan arah dengan seratnya. Hal ini bertujuan agar serat daging tidak menyatu ketika proses memasak.

Selain dipotong berlawanan arah dengan seratnya, Anda bisa memotong daging menjadi bagian-bagian kecil agar lebih empuk.

Masak menggunakan presto

Memasak menggunakan presto akan membuat daging terasa empuk tanpa harus repot merendam ataupun memukulnya. Dengan tekanan dan suhu tinggi, daging akan menjadi lebih cepat empuk.

Cukup mudah bukan membuat daging menjadi empuk? Selamat mencoba B’timers!

Share This Article