Cotton Candy Tercipta dari Seorang Dokter Gigi | Breaktime
Cotton Candy Alias Gula Kapas Ternyata Diciptakan oleh Seorang Dokter Gigi
14.12.2015

Siapa yang tak kenal cotton candy alias gula kapas? Kudapan berwarna-warni dengan rasa manis ini memang jadi kegemaran semua orang. Apalagi teksturnya sangat lembut dan langsung lumer di mulut begitu menyentuh lidah.

Tapi tahukah Anda jika ternyata gula kapas ini diciptakan oleh seorang dokter gigi? Ya, mesin pembuat permen kapas pertama kali ditemukan oleh seorang dokter gigi bernama William Morrison bersama rekannya John Wharton. Keduanya mengenalkan manisan jenis baru ini secara luas, dengan nama fairy floss, di acara Pameran Dunia di St. Louis.

Fakta unik gula kapas

Cotton Candy Tercipta dari Seorang Dokter Gigi | Breaktime
Gula adalah satu-satunya bahan untuk membuat cotton candy

Well, ini pertanyaan yang sejak lama Anda pikirkan, bukan? Bagaimana mungkin butiran gula bisa membentuk jaring-jaring tipis yang akan terangkai jadi cotton candy?

Pertama ketika gula dimasukkan, prosesnya adalah melelehkan gula. Kemudian setelah gula cair, dilanjutkan dengan proses pemutaran. Ya, gula yang masih dalam kondisi cair tersebut diputar dalam tabung kecil. Proses tersebut yang akhirnya mendinginkan gula cair tersebut sekaligus membentuknya menjadi seperti jaring-jaring tipis.Dan ternyata, ada lho hari khusus cotton candy yang dirayakan setiap tanggal 9 November.

Kudapan manis satu ini tentu mengingatkan Anda pada masa lalu ya, B’timers. Sekarang sudah banyak juga gula kapas yang dijual dalam kemasan tertutup sehingga bisa lebih tahan lama meski tak langsung disantap.

Tapi satu hal yang perlu diingat, perbanyak minum air putih dan segeralah menggosok gigi setelah menyantap camilan manis ini. Butiran gula halus yang ada dalam cotton candy ini rawan terselip di gigi dan mengundang bakteri yang bisa menyebabkan masalah gigi dan gusi. (no) 

Share This Article