Coklat Penyebab Utama Timbulnya Jerawat ? | Breaktime
Coklat Penyebab Utama Timbulnya Jerawat, Benarkah?
16.07.2016

Satu coklat untuk sehari dapat membantu memperbaiki mood yang sedang buruk, B’timers. Nah, pernah mendengar, terlalu banyak makan coklat dapat menyebabkan jerawat? Mitos yang berkembang ini bikin pusing wanita penyuka coklat. Tapi apakah benar mengonsumsi coklat dapat mesebabkan masalah kulit, terutama jerawat, B’timers? Temukan jawabannya di sini, yuk!

Hubungan coklat dengan masalah kulit

Sekalipun rasanya lezat, namun coklat seringkali disalahkan karena menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Bahkan mengonsumsi coklat juga sering dikaitkan dengan berbagai hal yang tidak sehat. Mona Gohara, profesor klinis dermatologis di Yale School of Medicine mengungkapkan, pada dasarnya semua makanan dengan kandungan glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar kortisol darah.

Itulah alasan makanan manis justru dapat memperburuk jerawat, B’timers. Dan makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk permen, roti dan pasta. Wow! Menurut Gohara, karbohidrat bisa menyebabkan tingkat insulin meningkat. Dari peningkatan kadar insulin, akan berpengaruh pada peningkatan produksi sebum yang dapat menyebabkan pori-pori kulit Anda tersumbat, B’timers.

Coklat Penyebab Utama Timbulnya Jerawat ? | Breaktime
Tak perlu takut jerawatan, selama tidak berlebihan

Tapi, coklat tetap punya sisi positif, lho

Namun lebih lanjut  ditambahkan oleh sang profesor, ternyata fakta tersebut tidak lantas mewajibkan kita untuk menghindari mengonsumsi coklat, lho. Karena jerawat yang muncul bukan merupakan kesalahan utama coklat saja, B’timers. Tambahan susu dan gula dalam kadar tinggi dalam coklat yang kita konsumsi-lah yang menjadi penyebab utama jerawat mudah muncul dan meradang.

Sebaiknya pilih coklat hitam dengan kandungan 70 % kakao yang cukup tinggi. Alasannya, semakin tinggi persentase coklat murni, maka akan semakin rendah indeks glikemiknya, B’timers. Hal yang sama turut diungkapkan oleh Marguerite Germain, seorang dermatolog di Charleston. Intinya adalah selama Anda mengonsumsi gula dan susu dalam jumlah normal, ini tidak akan menjadi masalah.

Nah, apakah Anda masih menjauhi coklat karena takut mendapatkan masalah kulit, B’timers? (NO)

Share This Article