Cokelat Ternyata Ampuh Obati Batuk, Benarkah? | Breaktime
Cokelat Ternyata Ampuh Obati Batuk, Benarkah?
22.02.2016

Memang sangat menyebalkan jika di tengah rapat penting di kantor atau ujian akhir di sekolah terganggu dengan serangan batuk yang tiba-tiba. Puluhan pasang mata serta merta memangdang Anda saat Anda mulai batuk. Selain mengganggu orang lain, batuk juga sangat menyiksa diri. Nah, B’timers, jika hal tersebut terjadi, jangan buru-buru membeli sirup obat batuk. Yang Anda butuhkan adalah sebatang cokelat. kok bisa?

Cokelat Ternyata Ampuh Obati Batuk, Benarkah? | Breaktime
Batuk sangat mengganggu diri sendiri dan orang lain

Cokelat lebih efektif menyembuhkan batuk

Sebuah penelitian di University of Hull menemukan bahwa cokelat ternyata beberapa kali lipat lebih efektif mengusir gatal tenggorokan penyebab batuk daripada obat atau sirup obat batuk reguler. Profesor Alyn Morice, pemimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa seseorang penderita batuk diobati dengan obat yang mengandung cokelat. Hasilnya, orang tersebut sembuh dari batuk dalam 2 hari.

Cokelat Ternyata Ampuh Obati Batuk, Benarkah? | Breaktime
Secara mengejutkan cokelat ampuh mengusir gatal tenggorokan

Penelitian ini dikuatkan dengan studi lainnya yang juga meneliti cokelat sebagai obat batuk. Penelitian tersebut dilakukan di Imperial College London dengan objek penelitian beberapa penderita batuk. Hasilnya menunjukkan bahwa cokelat mengandung alkaloid yang lebih baik untuk menekan batuk daripada obat-obatan kimia yang ramai diiklankan.

Alasan cokelat lebih baik daripada obat batuk

Mengapa cokelat dinilai lebih baik dalam mengobati batuk? Secara ilmiah, cokelat memiliki tekstur yang jauh lebih lengket daripada obat atau sirup batuk pada umumnya. Tekstur yang  lengket ini bermanfaat lebih baik dalam menutup atau melapisi tenggorokan serta melindungi ujung saraf yang memicu timbulnya batuk.

Cokelat Ternyata Ampuh Obati Batuk, Benarkah? | Breaktime
Tekstur kental melindungi ujung saraf pemicu batuk

Selain itu, cokelat dianggap lebih baik karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya seperti risiko kecelakaan saat dikonsumsi dalam perjalanan. Beberapa ahli kesehatan mengatakan, untuk memastikan cokelat sebagai obat batuk terbaik masih diperlukan penelitian mendalam. Namun kenyataannya, beberapa orang pernah mencoba dan itu berhasil. Lantas, bagaimana dengan Anda B’timers? (nap)

Share This Article