Ciri Ikan Segar Bisa Dilihat Dari Matanya, Lho! | Breaktime
Ciri Ikan Segar Bisa Dilihat Dari Matanya, Lho!
16.12.2016

Ikan adalah salah satu makanan yang mengandung gizi sangat tinggi. Namun, sayangnya ikan juga merupakan makanan yang mudah busuk, nih B’timers. Mengapa? Yup, karena ikan mengandung protein yang sangat tinggi, sehingga mudah rusak dan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali ciri ikan segar dan ikan yang sudah mulai membusuk.

Nah, hal ini harus diperhatikan oleh semua ibu rumah tangga. Anda harus bisa memahami mana ikan yang masih segar dan layak di konsumsi dan mana ikan yang sudah mulai membusuk. Jika tidak, itu akan sangat merugikan, di samping kehilangan gizi dari ikan tersebut, Anda juga akan merasakan rasa masakan yang tidak enak dan bahkan bisa menyebabkan sakit perut atau keracunan.

Baca juga : OLAHAN IKAN? INTIP TIPS MEMILIH IKAN SEGAR INI!

That’s okay, B’timers, karena kali ini Breaktime akan berikan pengetahuan tentang bagaimana ciri ikan yang segar dan layak dikonsumsi. Let’s check this out!

1. Ikan segar justru menimbulkan aroma yang lebih amis

Biasanya orang-orang akan merasa jijik dengan mencium aroma ikan saat akan dibeli di pasar. Justru dari baunya Anda bisa mengenali ikan tersebut masih segar atau tidak, karena ikan yang segar akan mengeluarkan bau lebih amis. Kalau ikan yang mulai membusuk bau amisnya hilang, justru akan berbau asam.

2. Anda juga bisa melihat dari kulitnya yang masih mengkilap

Sebenarnya, ciri-ciri ikan segar sangat jelas dari bentuk fisiknya, B’timers. Salah satunya adalah memiliki kulit yang masih mengkilap. Tak hanya itu, ikan yang masih segar biasanya punya daging yang elastic dan kenyal serta tidak mengalami perubahan saat disentuh. Sedangkan untuk ikan yang sudah tidak segar lagi, kulitnya akan terlihat lebih pucat.

Ciri Ikan Segar Bisa Dilihat Dari Matanya, Lho! | Breaktime
Kenali ciri ikan segar untuk memasak yang aman dan sehat

3. Perhatikan juga insangnya yang cenderung berwarna merah

Ciri ikan segar selanjutnya bisa Anda lihat dari bagian insangnya. Ikan yang masih segar akan memiliki insang yang berwarna merah dan jika Anda sentuh maka akan terasa kenyal. Tak perlu sungkan untuk memeriksa kondisi fisik ikan yang akan Anda beli.

4. Mata ikan pun juga bisa jadi sasaran untuk mengetahui segar atau tidaknya

Selain memeriksa warna insang pada ikan, Anda juga bisa memeriksa kondisi matanya. Warna mata pada ikan yang masih segar akan lebih terang dan tidak pucat bila dibandingkan dengan ikan yang sudah mulai tidak segar. Jika sudah Anda kenali, Anda bisa menghindari untuk membeli jenis ikan yang sesuai dengan ciri tersebut.

5. Dagingnya pun jika ditekan akan terasa keras

Yup, seperti yang sudah dijelaskan pada ciri sebelumnya, ikan segar bisa dilihat dari bentuk dan tekstur daging yang bila ditekan tidak mudah berubah. Ini bisa juga dikatakan kalau dagingnya akan lebih keras dan tidak lembek, B’timers.

Baca juga : MEMBONGKAR MANFAAT KULIT UDANG YANG MENAKJUBKAN!

Sebenarnya, untuk menentukan mana ikan yang masih segar dan mana ikan yang mulai membusuk atau rusak sangat mudah. Dari aroma yang ditimbulkan dari ikan saja sudah bisa kita kenali. Ikan yang tidak segar sudah jelas akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menusuk hidung, B’timers.

Jadi, mulai sekarang jika Anda akan membeli ikan di pasar, Anda bisa memanfaatkan cara-cara di atas untuk mengenali ciri ikan segar. Sehingga, Anda bisa masak dengan tenang dan menyantapnya dengan lahap. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE