Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk!
12.04.2016

Berwisata menikmati indahnya Lombok, belum lengkap tanpa mencicipi kulinernya yang menggoda. Memiliki cita rasa khas sesuai nama wilayahnya, kuliner khas Lombok, tak hanya pedas tapi juga bikin ketagihan. Yuk, cicipi bersama Breaktime!

Ayam Taliwang

Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Kuliner pedas dan mantap

Ayam taliwang merupakan salah satu makanan paling populer di Lombok. Saking populernya, setiap resto khas Lombok yang ada di pulau Jawa pun selalu menyediakan menu ini. Ayam taliwang merupakan olahan ayam yang digoreng, panggang atau bakar, dan memiliki cita rasa super pedas. Biasanya, ayam kampung dengan umur muda merupakan bahan pilihan untuk memastikan bumbu merasuk hingga ke dalam.

Sate Bulayak

Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Cara unik menikmati sate khas Lombok

Jika di Jawa sate ayam dan kambing menjadi favorit, sate bulayak merupakan sate favorit masyarakat lombok. Bulayak murupakan lontong berbentuk memanjang yang dibungkus dengan daun aren dan daun enau. Untuk menyantapnya, kulit pembungkus bulayak harus dibuka dengan cara memutar. Disajikan bersama sate daging sapi, bulayak dimakan dengan cara dicocol ke bumbu sate tanpa menggunakan sendok atau garpu. Rasanya? Dijamin bikin ketagihan.

Nasi Balap Puyung

Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Pedas nikmatnya Nasi Balap Puyung

Penampakannya sekilas mungkin mirip nasi campur atau nasi liwet yang ada di Jawa. Tapi soal rasa, sangat berbeda tentunya. Terdiri dari nasi yang ditemani suwiran daging ayam bumbu cabai, kacang kedelai, udang kering, abon, dan belut goreng, nasi campur khas Lombok ini memiliki rasa yang luar biasa pedas. Namun, rasa pedas inilah yang membuat lidah ingin melahapnya hingga suapan terakhir.

Ares

Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Sayur nikmat dari pelepah pisang

Menjadi kuliner khas Lombok yang populer, Ares merupakan salah satu sayuran yang bahan utamanya berupa pelepah pisang muda. Diolah bersama santan, cita rasa sayuran ini adalah perpaduan manis dan gurih yang nikmat. Sekilas, penampakannya tampak seperti sayur tewel atau lodeh lho, B’timers. Biasanya, ares disajikan hangat bersama sepiring nasi putih.

Sate Tanjung

Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Sate tanjung alias sate ikan

Tidak menggunakan daging ayam, kambing, maupun sapi, sate tanjung menggunakan ikan Cakalang atau ikan Langoan sebagai bahan utama. Sate tanjung yang tervuat dari daging ikan ini dimasak bersama santan dan rempah-rempah untuk menghasilkan aroma nikmat dengan cita rasa pedas yang menggoda. Untuk penyajian, sate tanjung tak jauh berbeda dengan sate lainnya, yakni dimakan bersama nasi atau lontong.

Poteng Jaje Tujak

Cicipi Nikmatnya Kuliner Khas Lombok, Yuk! | Breaktime
Sajian Lebaran khas Lombok

Jika di Jawa ketupat yang menjadi makanan khas Lebaran, Poteng jaje Tujak dan Iwel merupakan makanan khas Lombok yang disajikan saat Lebatan. Hidangan ini berupa gabungan dua makanan, yakni tapai (poteng) dan tetel (jaje tujak). Rasanya yang legit dan manis, sangat cocok disantap bersama saat Lebaran.

Hmmm, sangat unik dan menggoda bukan beragam kuliner khas Lombok ini? Jangan lewatkan sajian lezat ini ya, B’timers, saat bertandang ke Lombok. (dfr)

Share This Article