Cicipi Malaysian Street Food Berikut, Yuk! | Breaktime
Cicipi Malaysian Street Food Berikut, Yuk!
19.02.2016

Hmm, ketika mendengar Malaysian street food, apa yang muncul dalam pikiran Anda, B’timers? Mungkinkah kuliner mereka sangat mirip dengan jajanan yang biasa kita temui di jalanan di Indonesia? Well, daripada penasaran, intip apa saja yang ditawarkan di sana, yuk!

1.Assam laksa

Laksa sebenarnya merupakan hidangan yang biasa Anda jumpai di seluruh Malaysia dan Singapura. Namun dengan penambahan asam pada kaldu yang menjadikan hidangan ini berbeda, B’timers. Bihun tebal dan irisan ikan tenggiri, ditambah aroma serai, bunga jahe dan daun mint yang menyeruak dari mangkuk, mampu menambah nafsu makan Anda, lho. Tapi bukan assam laksa namanya jika Anda tidak menambahkan hae ko atau pasta udang fermentasi.

2.Chee cheong fun

Adalah gulungan mie beras sejenis dim sum, namun sedikit berbeda, B’timers. Merupakan hidangan Kanton dari Cina Selatan. Biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan kecil. Roll tipis yang terbuat dari mie beras dengan isian udang, daging babi, daging sapi, sayuran dan lain sebagainya. Disajikan dengan saus kecap dan siu mei.

Cicipi Malaysian Street Food Berikut, Yuk! | Breaktime
Hidangan khas Cina sejenis dim sum

3.Nasi kandar

Masyarakat India juga menambahkan kekayaan kuliner mereka di Malaysia dalam bentuk nasi kandar. Hidangan ini berupa nasi putih yang disajikan dengan berbagai kari dan lauk. Anda bisa memilih lauk mulai dari limpa sapi, daging sapi yang dipotong dadu, cumi (sotong) goreng, ayam goreng, okra, omelet, pare, dan terong. Dan sentuhan akhir kuah kari yang dituang banyak-banyak di atas nasi.

4.Rojak

Salad gurih dan manis adalah makanan khas Melayu asli. Buah-buahan atau sayuran yang dipotong, dengan saus udang dan kacang tanah bubuk, di Indonesia disebut rujak. Bahan-bahannya biasanya terdiri dari manga muda, mentimun, taoge, tahu goreng, dan apel hijau. Bahkan di Penang, Anda akan mendapatkan cumi goreng, jambu biji, dan madu dalam Malaysian street food ini, B’timers. Saus yang terbuat dari gula, air, jeruk nipis, cabai, dan terasi akan memberikan rasa yang unik.

Cicipi Malaysian Street Food Berikut, Yuk! | Breaktime
Ais kacang alias es campur yang segar

5.Ais kacang

Lebih dikenal sebagai ABC atau Ais Batu Campur, alias es campur. Ais kacang awalnya hanya terbuat dari es serut dan kacang merah. Namun sekarang sudah banyak varian yang bisa Anda cicipi. Ais kacang ini mengandung kacang merah, jagung manis, cincau yang dipotong dadu, lidah buaya, cendol, nata de coco, dan es krim. Dengan topping berbagai rasa di atas serutan es batu, makanan penutup ini sangat cocok dinikmati siang hari.

Sebenarnya Malaysian street food tidak jauh berbeda dengan kuliner Indonesia, B’timers. Namun dengan variasi dari daerah asalnya tentu akan memiliki rasa khasnya sendiri, kan? (NO)

Share This Article