Cemilan Khas Arab yang Mendunia | Breaktime
Cemilan Khas Arab yang Mendunia
09.02.2016

Ada berbagai makanan ringan yang akan Anda temui dalam Saudi Arabian Cuisine, B’timers. Beberapa di antaranya termasuk kue-kue tradisional, yang terbuat dari kurma dan susu. Jika Anda bertamu pada sebuah keluarga di Saudi Arabia jangan heran jika Anda akan dijamu besar-besaran. Mulai dari hidangan pembuka sampai makanan penutup akan tersaji di hadapan Anda.

Well, cemilan khas Arab, sebenarnya tidak jauh berbeda dari negara Timur Tengah lainnya. Seperti Turki, Maroko bahkan India. Dan berikut makanan ringan dari Arab yang patut Anda ketahui.

1.Basbousa

Basbousa merupakan camilan tradisional khas Timur Tengah, yang berupa kue manis. Terbuat dari semolina yang direndam dalam sirup buatan sendiri, yang mungkin mengandung air bunga jeruk atau air mawar. Biasanya ditambahkan potongan kelapa.

Cemilan Khas Arab yang Mendunia | Breaktime
Cake manis khas Arab dengan taburan kacang

2.Baklava

Sama seperti camilan di Turki, baklava ini terbuat dari lapisan filo yang diisi dengan kacang cincang manis ditambah madu atau sirup sebagai perekatnya. Makanan ini sebenarnya berasal dari jaman Kekaisaran Ottoman, yang kemudian menyebar ke daratan Timurr Tengah.

3.Kanafeh

Kue keju Levantine yang direndam dalam larutan gula dan sirup. Cemilan khas Arab ini berupa adonan pasrty yang dipanaskan dalam mentega, margarin, minyak sawit atau senmeh tradisional, berisi keju putih yang lembut, seperti keju nabulsi. Sirup gula kental dan beberapa tetes air mawar dituangkan pada kue di menit-menit akhir proses pemasakan. Dan taburan pistachio cincang sebagai hiasan.

4.Ma’amoul

Kue kecil ini berisi kurma, pistachio, walnut, almond atau buah ara. Ada dua cara mereka mencetak ma’amoul, dengan tangan dan cetakan kayu tradisional. Makanan yang sering digunakan untuk festival keagamaan ini biasanya ditumpuk membentuk piramida dan disajikan dengan krim putih yang disebut naatiffe. Krim ini terbuat dari putih telur, sirup gula dan soapwort.

Cemilan Khas Arab yang Mendunia | Breaktime
Kue kering yang biasa disajikan pada hari besar keagamaan

5.Sambusak

Pastry goreng atau panggang ini diisi dengan isian gurih, seperti kentang yang dibumbui, bawang, kacang polong, lentil, makaroni, mie, ada juga yang berisi daging cincang. Sambusak biasanya berbentuk segitiga dan dinikmati dengan tambahan saus mint.

Baca Juga: Falafel Burger: Kombinasi Makanan Arab - Jerman

Beberapa snack tadi mungkin sudah pernah Anda temui sebagai makanan dari negara Timur Tengah lain, ya, B’timers? Tapi tidak ada salahnya, kok, Anda mencicipi camilan khas Arab tersebut. Karena bisa jadi mereka memiliki tekstur dan rasa yang sedikit berbeda, kan? (NO)

Share This Article