Ini Tips dan Aturan Minum Wine untuk Pemula | Breaktime
Catat, Ini Tips dan Aturan Minum Wine untuk Pemula
29.03.2016

Minum anggur memang sangat menyenangkan. Karena itulah anggur atau wine tak pernah ketinggalan dalam setiap gelaran acara di malam hari apalagi yang bersifat resmi seperti peretemuan kerja sama, pesta pertunangan, pernikahan dan pesta-pesta lainnya. Lebih dari itu, bahkan sebagian besar orang menganggap bahwa wine adalah identitas hidupnya, seperti kebanyakan orang Prancis. Lantas, bagaimana jika Anda belum pernah minum wine dan sedang mencoba untuk itu? berikut tips minum wine untuk pemula yang harus dicatat.

Gelas khusus

Anda tentu sudah tahu bahwa ada beberapa perbedaan tentang gelas khusus untuk minum wine. Ya, jika wine yang Anda minum adalah anggur merah, maka gelas yang digunakan berbentuk gendut, besar, dan hampir berbentuk seperti mangkuk. Biasanya menggunakan gelas dengan kaki yang panjang. Sedangkan untuk anggur putih (champagne), maka gelas yang digunakan tinggi dan ramping. Ini berguna untuk perlu tidaknya oksidasi dari kedua jenis anggur tersebut.

Ini Tips dan Aturan Minum Wine untuk Pemula | Breaktime
Gelas untuk red wine dan white wine

Cara menuang

Tips minum wine untuk pemula juga tak lepas dari cara menuangnya. Saat menuang wine ke gelas, Anda harus memegang badan botol dengan kedua tangan. Biasanya menggunakan bantalan sapu tangan di bagian bawah. Hati-hatilah dan tuang sekitar 110 hingga 140 mililiter saja. Ketika hendak mengangkat botol, sedikit lakukan gerakan memutar untuk menghindari wine menetes ke leher botol. Oh ya, jarak bibir botol dan gelas 15 hingga 25 sentimeter, ya!

Ini Tips dan Aturan Minum Wine untuk Pemula | Breaktime
Untuk formal, pegang dengan kedua tangan

Makanan yang harus dihindari

Saat sedang menikmati wine dengan teman atau kolega, B’timers harus menghindari makanan-makanan yang bisa membuat mabuk dengan cepat, apalagi jika Anda pemula. Makanan yang harus Anda hindari adalah cokelat yang mengandung kafein, lemak dan kakao, buah-buahan mengandung gas seperti durian dan nangka serta makanan lain yang memicu efek tidak baik untuk perut.

Yang dilakukan sebelum dan sesudah minum wine

Jika Anda pemula, Anda juga haru mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan sebelum dan setelah minum wine. Di antaranya, Anda harus menyelingi minum wine dengan makanan agar menjaga kesadaran Anda. Jika tidak, sebaiknya Anda makan terlebuh dahulu meski sedikit. Nah, setelah minum wine lebih tepatnya sebelum tidur, Anda sebaiknya minum banyak air putih untuk menetralisir alkohol yang masuk ke tubuh.

Bagaimana, B’timers? Apa tips minum wine untuk pemula di atas cukup membantu dan menambah wawasan Anda? Happy wine time, ya! (nap)

Share This Article