Cara Smart Bersantai dan Nikmati Kopi di Rumah | Breaktime

ARTIKEL KULINER

Inijie

Travel Blogger & Profesional Photographer.

Cara Smart Bersantai dan Nikmati Kopi di Rumah
30.01.2016

B’Timers yang memang coffee lovers, nongkrong di café tentu sangat asyik. Tapi, jika terlalu sering juga bisa menguras kantong dan menyebabkan boros tanpa disadari. Menyeduh kopi lezat bisa dilakukan sendiri kok, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

First thing first, B’Timers harus membeli biji kopi yang prima. Pilih beans dengan roast date yang tak lebih dari dua minggu. Lebih baik jika whole beans, karena cita rasa akan lebih nikmat. Namun, konsekuensinya Anda harus berinvestasi untuk membeli grinder.

Kalau Anda pecinta kopi Indonesia, tersedia pilihan Bali Kintamani, Aceh Gayo atau Papua misalnya. Sementara beans dari luar negeri seperti Brazil, Kenya atau Ethiopia punya cita rasa yang juga unik. Budget-nya mulai dari Rp 75 ribu untuk 200 gram biji kopi yang bisa dipakai menyeduh sekitar 10-15 cangkir.

Ada dua metode brewing yang cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah atau di kantor:

1.French Press 

Cara Smart Bersantai dan Nikmati Kopi di Rumah | Breaktime
Sederhana dan nikmat

Ini merupakan device yang budget-nya ramah dan teknis penggunaannya mudah. Siapkan kopi dengan gilingan kasar dan sedikit di bawah tekstur gula pasir. Gunakan rasio 1:15 untuk kopi dan air. Misalnya, jika 20 gram kopi, maka seduh dengan 300 mililiter air panas. Cukup diamkan selama 3-4 menit sebelum plunger ditekan dan kopi siap dinikmati.

2.Pour Over

Cara Smart Bersantai dan Nikmati Kopi di Rumah | Breaktime
Seduh dan tuang selagi panas

Metode lain yang cukup populer dan konon lebih optimal dalam menghadirkan cita rasa kopi adalah teknik Pour Over. Alat yang perlu disiapkan adalah corong V60 dan filter kertas yang tersedia di toko alat dapur atau di coffee shop.

Metode ini juga menggunakan resep rasio ajaib 1:15. Biji kopi digerus hingga kehalusannya mirip seperti tekstur garam dapur. Tempatkan bubuk kopi dalam corong dan seduh perlahan dengan air panas. Ekstraksi kopi akan menetes perlahan ke dalam gelas dan siap dinikmati dalam 2 menit.

Dari kedua metode ini, tentunya ada banyak faktor detail teknis yang perlu diperhatikan seperti suhu air, tingkat roasting, lama pre-infuse dan lain-lain. Tapi jangan khawatir, semuanya bisa dipelajari seiring dengan pengalaman.

Nah B’Timers, siap-siap bikin tetangga dan teman kantor iri dengan aroma yang dihasilkan dari metode smart ini. Salam kopi!

Share This Article